Punya Potensi Besar, Industri Halal Bisa Jadi Senjata Pemulihan Ekonomi

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Kamis 08 Juli 2021 16:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 08 320 2437601 punya-potensi-besar-industri-halal-bisa-jadi-senjata-pemulihan-ekonomi-7qgoIvg4VE.jpg Potensi Industri Halal (Foto: Okezone)

JAKARTA - Industri halal di Indonesia diyakini mampu menjadi pemicu dalam pemulihan ekonomi nasional pada tahun ini. Hal tersebut dikarenakan besarnya potensi industri halal dan keuangan syariah Tanah Air terhadap perekonomian global.

Ketua Indonesia Halal Lifestyle Center (IHLC) Sapta Nirwandar mengungkapkan, bahkan industri halal tetap mampu bertumbuh di tengah pandemi. Hal tersebut dapat terlihat dari beberapa sektor yang tetap tumbuh.

Baca Juga: Ma'ruf Amin Ingin Sertifikasi Halal Standar Internasional

“Sejak terjadinya pandemi Covid-19 sudah pasti turun besar dan ada penurunan yang signifikan, terutama tourism. Akan tetapi, sektor-sektor lain tetap bergeliat. Seperti farmasi, medical and wellness tetap bergeliat,” ujarnya dalam acara Market Review IDX Channel, Kamis (8/7/2021).

Sapta mengatakan, dengan adanya kondisi tersebut membuktikan bahwa pangsa pasar industri halal tidak turun dan bahkan cenderung naik.

Baca Juga: Indonesia Bakal Miliki 5 Kawasan Industri Halal

“Termasuk halal food itu juga trennya positif, walaupun sebenarnya kalau kita lihat global supply chain itu agak menurun. Tapi, yang sifatnya regional bahkan nasional itu sangat meningkat,” kata dia.

Lanjutnya, industri halal tetap menjadi bagian penting dari perekonomian Indonesia serta global. Bahkan, saat ini di beberapa negara, industri halal menjadi tren karena kesadaran masyarakat muslim meningkat di tengah pandemi.

“Di negara-negara yang tergabung dalam koalisi, halal industri sekarang menjadi tren. Karena kesadaran masyarakat muslim itu meningkat. Adanya Covid ini mestinya kaum muslim dan kaum yang lainnya sadar untuk hidup yang lebih baik dan lebih higienis, lebih bersih,” ucap Sapta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini