Baru Gajian? Ini Tips Kelola Keuangan di Tengah PPKM Darurat

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Sabtu 10 Juli 2021 19:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 09 622 2437922 baru-gajian-ini-tips-kelola-keuangan-di-tengah-ppkm-darurat-QpkxLITtjB.jpg Tips Kelola Keuangan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Gajian menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu. Pasalnya, gaji dibutuhkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari. Sebagai contoh, seperti membayar utang, membayar cicilan rumah, dan lain sebagainya.

Namun, saat gajian seringkali seseorang kalap membeli hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan tanpa mengalokasikan dana untuk hal penting terlebih dulu. Akibatnya, uang yang didapat akan lebih cepat habis di awal bulan.

Perencana keuangan dan CEO Zap Finance Prita Hapsari Ghozie, mengingatkan, agar tidak melupakan tiga financial checklist awal bulan. Tips-tips tersebut dibagikan untuk membantu Anda mengalokasikan keuangan di awal gajian.

“Hai bund, apa kabar hari ini? Mumpung masih awal bulan, PPKM pun, yuk kita bikin checklist keuangan awal bulan,” tulis Prita di akun Instagram pribadinya @pritaghozie, Sabtu (10/7/2021).

Berikut tiga financial checklist awal bulan ala Prita Hapsari Ghozie:


1. Bayar Kewajiban

Sebelum Anda menggunakan uang untuk membeli berbagai kebutuhan, disarankan Anda mengalokasikan dana untuk kewajiban terlebih dulu. Adapun kewajiban yang dimaksud, yaitu membayar cicilan, uang sekolah anak, zakat, hingga gaji asisten.

2. Bayar Pengeluaran

Setelah semua kewajiban dipenuhi, berikutnya Anda disarankan untuk membayar tagihan listrik, gas, kuota internet, uang dapur, makanan, minuman, dan personal care.

 

3. Jatah “Playing” Ibu

Jika semua sudah terpenuhi, jangan lupa Anda memikirkan untuk langganan streaming, skincare, dan barang anak-anak yang lucu. Hal tersebut merupakan jatah dari self love.

Lebih lanjut, Prita menjelaskan, setelah semua kebutuhan sudah terpenuhi, Anda disarankan tidak lupa untuk menyisihkan dana darurat. Selain itu, sisihkan juga untuk berinvestasi

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini