Menko Luhut Janji Longgarkan PPKM Darurat jika Kasus Covid-19 Menurun

Michelle Natalia, Jurnalis · Selasa 13 Juli 2021 17:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 320 2440093 menko-luhut-janji-longgarkan-ppkm-darurat-jika-kasus-covid-19-menurun-bD1rk6C5gz.jpg PPKM Darurat (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan meminta agar semua pihak tidak melupakan hak-hak pekerja dalam pelaksanaan PPKM darurat. Bahkan, Luhut berjanji untuk mengoptimalkan sumber daya dari pemerintah untuk membantu pihak-pihak yang terdampak negatif dari PPKM darurat ini.

Dia pun menyebut bahwa dirinya sudah mengatur pembicaraan dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bagaimana meringankan ini. Pihaknya akan mencari masukan-masukan, juga berbicara dengan para pengusaha misalnya dengan Kadin Indonesia untuk mencari solusi mengatasi masalah ini.

"Kami konsisten dalam pelaksanaan PPKM darurat ini, dan selama 3 minggu kita harus melihat kasus-kasus Covid-19 ini mulai flattening, dan menurun mulai awal Agustus. Kita juga akan mulai relaksasi jika tren ini terus menurun, dan eventually juga akan membaik," ujar Luhur dalam sambutannya di pembacaan Deklarasi Gotong Royong Pengusaha dan Serikat Buruh/Pekerja secara virtual di Jakarta, Selasa (13/7/2021).

Baca Juga: Sempat Kekurangan, Luhut Sebut 10.000 Oksigen Impor Masuk Pekan Ini

Dia pun menegaskan bahwa mengatasi masalah Covid-19 dengan menaikkan jumlah tempat tidur karena harus ada batasnya. Menambah jumlah perawat, dokter, dan oksigen juga bukan serta merta menjadi jalan keluar.

Baca Juga: Ada yang Bilang Covid-19 Tak Terkendali, Luhut: Saya Tunjukkin ke Mukanya!

"Mulai hari Senin, kami sudah menambah 2.200 dokter yang kita ambil dari fresh graduate yang kita train dan pekerjakan, ada 20 ribu perawat yang baru lulus, kita latih dan diterjunkan. Itu juga tidak menyelesaikan masalah semua, masalahnya adalah bagaimana kita tetap tertib menjalankan protokol kesehatan dan patuh terhadap himbauan-himbauan pemerintah," tegas Luhut.

Luhut juga mengajak untuk patuh protokol kesehatan, meningkatkan angka vaksinasi, mendorong orang-orang terdekat untuk vaksin, dan jangan sampai membiarkan orang yang membawa masalah penyakit Covid-19 di sekitar.

"Pemerintah tidak bisa melakukan ini sendiri tanpa kerjasama para pengusaha, pekerja, buruh atau karyawan dan semua pihak. Kita harus kompak dan saling membahu, karena kalau kita bisa melakukan ini dengan sungguh-sungguh, kita tidak akan terlalu takut bahwa ini tidak bisa kita atasi," pungkas Luhut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini