Jurus Menko Luhut Siapkan Pasokan Oksigen

Anggie Ariesta, Jurnalis · Kamis 15 Juli 2021 13:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 15 320 2441065 jurus-menko-luhut-siapkan-pasokan-oksigen-4BxitffkRt.jpg Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemenuhan pasokan oksigen terus dilakukan oleh pemerintah salah satunya dengan merelokasi oksigen untuk industri 90-100% difokuskan untuk medis hingga melakukan impor dan bantuan dari internasional.

Tercatat menurut data Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, di beberapa wilayah Indonesia sendiri sudah melakukan distribusi hingga ratusan ton per hari.

Maka itu Menko Luhut menyebut selain merelokasi oksigen, pemerintah juga melakukan alih guna isotank industri untuk Oksigen Cair RS, membangkitkan pabrik yang sudah mati di Cilegon dan mencari pasokan dari industri non produsen oksigen. Adapun distribusi penggunaan Oksigen Concentrator nantinya akan diatur oleh Kementerian BUMN.

Baca Juga: Luhut: Saya Ulangi, Tidak Boleh Ada Rakyat Kelaparan

"Jadi akan kita pinjamkan secara bertahap ke rumah diatur nanti oleh Kementerian BUMN, nah ini saya kira prioritas masyarakat, target sasarannya semua sudah ada," kata Luhut saat Konferensi Pers Virtual di Jakarta, Kamis (15/7/2021).

"Dan kita sebisa mungkin jangan dibawa ke gejala sedang dan berat, sehingga oksigen kita hemat," tambahnya.

Baca Juga: Menko Luhut: Saya Sangat Paham Betapa Beratnya Pengusaha

Perlu diketahui oksigen concentrator adalah alat yang menghisap oksigen dari lingkungan sekitarnya kemudian menghasilkan oksigen murni (>90%) yang dapat disalurkan untuk membantu pasien yang mengalami kesulitan pernafasan.

Oksigen concentrator dengan kapasitas 10 liter/menit dapat digunakan untuk menggantikan penggunaan tabung oksigen bagi pasien rawat isolasi. Sehingga dapat digunakan 24 jam selama ada listrik.

Oksigen concentrator diharapkan menjadi pengganti tabung yang langka, maka suplai oksigen cair dapat difokuskan untuk pasien rawat intensif yang menggunakan ventilator dan Hig Flow Nasal Canule (kebutuhan oksigen 60 liter/menit).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini