Share

China Kirim Bantuan untuk Indonesia, Ini Daftarnya

Rina Anggraeni, Sindonews · Kamis 15 Juli 2021 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 15 320 2441249 china-kirim-bantuan-untuk-indonesia-ini-daftarnya-I9Av1VOsXE.jpg Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Dengan meningkatnya jumlah kasus Covid-19 varian delta di Indonesia, maka jumlah kebutuhan peralatan kesehatan juga turut meningkat. Menurut Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, pemerintah Tiongkok memberikan bantuan medis dan vaksin kepada Indonesia senilai USD7,8 juta Dollar.

"Melalui Sekretariat Mekanisme Dialog Tingkat Tinggi, Pemerintah Tiongkok akan mengirimkan 50 Juta RMB (7,8 Juta USD) bantuan medis dan vaksin ke Indonesia dan hari ini juga Pemerintah Provinsi Fujian akan memberikan bantuan dengan total nilai sekitar 3 juta RMB (465.000 USD)," kata Menko Luhut di Jakarta, Kamis (15/7/2021).

Baca Juga: Luhut: Saya Ulangi, Tidak Boleh Ada Rakyat Kelaparan

Kebutuhan peralatan medis tersebut di antaranya seperti oksigen cair, ISO Tank, silinder regulator oksigen, konsentrator oksigen, generator oksigen serta obat anti virus untuk pengobatan Covid-19. Menko Luhut menambahkan bahwa Pemerintah Indonesia dan Tiongkok sejak awal pandemi telah berjuang bersama mengatasi Covid-19 ini.

"Sejak awal pandemi Covid-19, Indonesia dan Tiongkok telah berjuang bersama. President Xi Jinping and State Councilor Wang Yi telah mengamankan suplai vaksin Covid-19 untuk Indonesia dan menjadikan Indonesia sebagai Pusat Produksi Vaksin Regional," sebut Menko Luhut.

Baca Juga: Menko Luhut: Pembangunan RS Lapangan Darurat Covid-19 Dimulai Minggu Ini

Lebih lanjut, bantuan diserahkan secara simbolis oleh Pemerintah Provinsi Fujian kepada Duta Besar Indonesia untuk Republik Rakyat Tiongkok, Djauhari Oratmangun.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Sistem Penyaluran BLT BBM yang Dijalankan Sudah Bagus

"Saya ingin mewakili Pemerintah Indonesia dan seluruh masyarakat Indonesia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan atas dukungan terus-menerus dari pemerintah Tiongkok, serta lembaga dan perusahaan yang siap untuk membantu kami. Saya percaya dukungan yang disampaikan pada hari ini dapat berkontribusi pada peningkatan hubungan Indonesia-Tingkok ke tingkat yang lebih tinggi lagi," tutup Menko Luhut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini