Menko Luhut: Rumah Oksigen Bisa Cegah Pasien Covid-19 Gejala Ringan Jadi Berat

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 18 Juli 2021 21:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 18 320 2442558 menko-luhut-rumah-oksigen-bisa-cegah-pasien-covid-19-gejala-ringan-jadi-berat-OhSpRHM8Sr.jpg Kunjungan Menko Luhut di Rumah Oksigen (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan melakukan peninjauan progres pembangunan Rumah Oksigen. Di mana Rumah Oksigen merupakan pusat isolasi pasien Covid-19, yang merupakan kolaborasi, GoTo, PT Aneka Gas Industri Tbk dan Kadin Indonesia.

Luhut menyebut Rumah Oksigen ini salah satu contoh yang baik dari peran aktif swasta dalam membantu penanganan Covid-19 demi rakyat. Semua pihak perlu bersama-sama dalam menghadapi Covid-19, ini tantangan bersama.

"Dengan adanya pusat isolasi seperti Rumah Oksigen ini, kita dapat mencegah pasien dengan gejala ringan yang mengalami penurunan saturasi oksigen menjadi gejala sedang atau berat. Selain itu, kita juga dapat memberikan tempat yang lebih layak dan aman, sehingga dapat mencegah adanya kluster keluarga," kata Luhut dalam keterangannya, ujar dia, Minggu (18/7/2021).

Baca Juga: Menko Luhut: Saya Minta Maaf Penanganan PPKM Darurat Belum Optimal

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid, mengatakan, Rumah Oksigen Gotong Royong merupakan salah satu upaya dunia usaha dalam mendukung penanganan COVID-19. Kami melihat hal yang mendesak di tengah pandemi saat ini adalah kebutuhan oksigen bagi warga terpapar Covid-19, karena itu “Rumah Oksigen Gotong Royong” didirikan untuk memberikan suatu solusi dari permasalahan krisis oksigen yang kita alami saat ini.

Baca Juga: Menko Luhut Amati Pemulihan Ekonomi, Jangan Kelamaan Nanti Mati

“Rumah Oksigen ini merupakan salah satu upaya dan komitmen KADIN Indonesia dalam memerangi pandemi Covid-19, selain juga upaya percepatan pelaksanaan Program Vaksinasi Gotong Royong. KADIN Indonesia berterima kasih atas dukungan seluruh pihak terhadap “Rumah Oksigen Gotong Royong” di Pulogadung ini,” tuturnya.

Menurut CEO GoTo Andre Soelistyo, krisis oksigen yang dialami Indonesia saat ini antara lain disebabkan oleh distribusi yang terkendala jarak dan waktu serta keterbatasan sarana dan prasarana. “Rumah Oksigen Gotong Royong” dicetuskan untuk meminimalisir hambatan tersebut dengan menghadirkan fasilitas semi-permanen yang memungkinkan penderita Covid-19 kategori 2 mendapatkan akses mudah kepada suplai oksigen, tempat tidur perawatan sekaligus kepada fasilitas ke berbagai rumah sakit terdekat.

Rumah Oksigen Gotong Royong merupakan suatu fasilitas kesehatan semi-permanen pertama di Indonesia yang khusus dilengkapi dengan peralatan suplai oksigen dan tempat tidur perawatan (bed) bagi warga terpapar Covid-19 dengan gejala sedang (kategori 2).

"Inisiatif ini sebenarnya pesan bahwa semua elemen bangsa harus bahu membahu untuk membantu Pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi pandemi ini. Kalau bukan kita sama sama, mau sama siapa lagi?" tutur Komisaris GoTo Wishnutama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini