Biasa Dapat Hampir Rp1 Miliar, Pedagang Hewan Kurban Curhat Cuma Raup Rp450 Juta

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Senin 19 Juli 2021 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 19 455 2442762 biasa-dapat-hampir-rp1-miliar-pedagang-hewan-kurban-curhat-cuma-raup-rp450-juta-sDO3maMrpA.jpg Curhat Pedagang Hewan Kurban Cuma Kantongi Rp450 Juta (Foto: Koran Sindo)

JAKARTA - Penjualan hewan kurban terdampak pandemi Covid-19. Penjualan hewan kurban makin merosot di tengah pemberlakuan PPKM darurat.

Idul Adha yang identik dengan hiruk-pikuk transaksi hewan kurban, kini hanya sebatas kenangan.

Bahkan seorang pedagang hewan kurban menyebut selama satu dekade terakhir, omzet penjualan hewan kurban tahun ini menjadi yang terendah.

Salah satu pedagang hewan kurban asal Depok, Jawa Barat, Tahar (28) mengakui memang tahun ini menjadi pendapatan yang paling rendah selama waktunya berjualan hewan kurban.

Baca Juga: Cerita Pedagang Hewan Kurban di Tengah Covid-19, Penjualan Anjlok 

Tahar sudah mulai berjualan hewan kurban sejak SMA dengan menjualkan hewan kurban dilapak milik orangtuanya. Di masa pandemi, Tahar hanya membuka dua lapak penjualan hewan kurban. Biasanya dirinya bisa membuka lapak hewan kurban hingga 4 - 5 tempat yang berbeda.

Dua lapak Tahar masing-masing berada di Cimanggis dan Tapos, Depok Jawa Barat. Di kedua tempat tersebut, Tahar hanya menyiapkan 210 kambing dan 20 sapi untuk kebutuhan Idul Adha.

Jumlah tersebut bahkan tidak sampai setengahnya dari penurunan hewan kurban di tahun-tahun sebelum pandemi covid 19.

Tahar Menyebut, dalam kondisi normal, dirinya bisa menjual hewan kurban hingga 800 ekor kambing dan 50 sapi.

Namun, di tengah pandemi Covid-19 tahun kedua ini membuat dirinya tidak menjual banyak hewan kurban. Pada tahun ini, dirinya hanya menyiapkan 230 hewan kurban.

Hingga H-1 Idul Adha, dari 230 hewan kurban yang dijajakan, masih menyisakan 50 ekor, terdiri 7 sapi dan sisanya 43 kambing. Dia masih berusaha menjual kepada calon pembeli.

"Wah bukannya ada (dampak pandemi) lagi, biasanya habis sampai 800 ekor, karena pandemi ya jadi cuma segitu (230 ekor) itu juga belum habis," ujar Tahar saat hubungi MNC Portal Indonesia, Jakarta, Senin (19/7/2021).

Padahal, menurut Tahar gelombang pembelian hewan kurban biasanya sudah ramai tujuh hari sebelum Hari Raya Idul Adha.

Tahar menjual kambing mulai dari harga Rp2,5 juta hingga Rp9 Juta. Sedangkan untuk sapi, Paling murah dengan harga Rp16 juta.

Tahar mengakui bahwa omzetnya saat ini tidak sampai setengahnya jika dibandingkan dengan pendapatan sebelum adanya pandemi covid 19.

Dirinya menyebut, omzet yang didapat pada H-1 Idul Adha ini hanya sekitar Rp450 Juta, berbeda dengan sebelumnya pandemi yang omzetnya dapat menyentuh Rp900 juta untuk satu hari raya.

"Efek pandemi ini boleh dibilang terasa bangat dampaknya, mungkin kalau saya bilang 50% nya saja enggak ada kalau dibanding tahun sebelum pandemi," kata Tahar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini