Tips Siapkan Dana Darurat dari Bansos

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Kamis 22 Juli 2021 14:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 22 622 2444375 tips-siapkan-dana-darurat-dari-bansos-Q17TsWeMiy.jpeg Dana Darurat dari Bansos (Foto: Okezone/Shutterstock)

JAKARTA – Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE), Mike Rini, menilai, dana bansos yang diterima harus dialokasikan secara proporsional. Pasalnya, dana yang diterima hanya diberikan dalam beberapa bulan saja.

“Bansos ini kan selama beberapa bulan, maksud saya jangan semuanya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, tapi harus dialokasikan secara proporsional,” ujarnya saat dihubungi Okezone, di Jakarta, Kamis (22/7/2021).

Mike menjelaskan, seseorang yang mendapatkan bansos harus mengubah pola pikir dalam mengelolanya. Sebab, karena bansos berkaitan dengan pandemi, maka juga harus dipikirkan terkait biaya pengobatan jika mungkin terpapar Covid-19.

Baca Juga: Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum 'Hamburkan' Uang di Masa Pandemi Covid-19

“Mindsetnya jangan belanja untuk kebutuhan sehari-hari, itu tidak menyelesaikan masalah karena bansosnya untuk beberapa bulan. Harus cari cara lain untuk kebutuhan sehari-hari. Bansos digunakan untuk yang produktif,” jelas dia.

Lanjutnya, jika memungkinkan dari jumlah dana bansos yang diterima, setengahnya bisa ditabung untuk dana darurat. Sementara, jika tidak memungkinkan, Anda bisa membuat secara persentase.

Baca Juga: Banyak Masyarakat Mulai Investasi saat Pandemi Covid-19

“Saran saya setengahnya berarti Rp300 ribu itu ditabung atau jangan digunakan. Kalau tidak bisa setengahnya, berarti mungkin 10% – 30%. Nah, sisanya itu kalau misalkan ada tunggakan dana BPJS dibayar dari dana bansos tadi. Baru sisanya itu bisa digunakan untuk kita usaha mendapatkan penghasilan tambahan,” ucap Mike.

Sementara itu, Mike mengatakan, dana bansos bisa dijadikan untuk investasi. Namun, dana tersebut digunakan dalam rangka menabung untuk dana darurat.

“Bansos untuk investasi dalam rangka nabung untuk dana darurat. Contohnya, bansos tidak bisa dibelikan untuk emas, karena fluktuatif harganya bisa naik turun. Selain itu, bansos tujuannya bukan untuk mencari keuntungan, tapi buat survive,” kata dia.

Sebelumnya, bansos tunai (bansos) sejumlah Rp600.000 sudah cair. Adapun bansos tunai ini merupakan salah satu bantuan yang digulirkan pemerintah saat PPKM Darurat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini