BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta Masuk ke Rekening Pekerja

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Jum'at 30 Juli 2021 11:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 30 320 2448348 blt-subsidi-gaji-rp1-juta-masuk-ke-rekening-pekerja-E9YNGPsVTp.jpg BLT Subsidi Gaji Bakal Diberikan Lagi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementrian Ketenagakerjaan (Kemnaker) meperbaharui aturan pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Subsidi Gaji kepada pekerja yang terkena dampak pandemi Covid 19.Aturan dituangkan dalam Peraturan Menteri (Permen) Ketenagakerjaan Nomor 16 Tahun 2021 tentang perubahan atas peraturan menteri ketenagakerjaan nomor 14 tahun 2020.

Selanjutnya disebutkan pada pasal 4 undang-undang tersebut bahwa penerima bantuan pemerintah berupa subsidi gaji atau upah diberikan dalam bentuk uang tunai senilai Rp500 ribu yang diakumulasikan dalam dua bulan pemberian.

Baca Juga: BLT Desa Cair 3 Bulan Sekaligus, Dapat Rp900.000

Pemberian bantuan ini diprioritaskan kepada pekerja atau buruh yang belum menerima bantuan melalui program kartu prakerja, program keluarga harapan, ataupun bantuan produktif usaha mikro.

Ada beberapa syarat ketentuan penerima bantuan subsidi gaji Rp1 juta rupiah perdua bulan ini, di antaranya, Jumat (30/7/2021): 

- Warga negara Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikan nomor induk kependudukan

Baca Juga: Ini Dia Pekerja yang Dapat BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta

- Peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan bulan Juni 2021

- Mempunyai Gaji/Upah paling banyak sebesar Rp 3,5 juta per bulan

- Bekerja di wilayah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 3 dan level 4 yang ditetapkan oleh pemerintah sebagaimana tercantum dalam Lampiran I yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri ini

- Diutamakan yang bekerja pada sektor usaha industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan dan jasa kecuali jasa pendidikan dan kesehatan, sesuai dengan klasifikasi data sektoral di BPJS Ketenagakerjaan.

Pemerintah berharap dengan adanya bantuan sosial ini dapat menyangga kondisi ekonomi masyarakt terdampak pandemi covid 19. Selain itu juga sebagai upaya pemulihan ekonomi masyarakat dengan mendorong peningkatan daya beli masyarakat di pasar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini