Kisah Rihanna, Pernah Hidup Susah dan Jualan Baju Kini Jadi Miliarder Berharta Rp24,3 Triliun

Aditya Pratama, Jurnalis · Minggu 08 Agustus 2021 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 08 455 2452575 kisah-rihanna-pernah-hidup-susah-dan-jualan-baju-kini-jadi-miliarder-berharta-rp24-3-triliun-OCzaAO3KgT.jpg Kisah Rihanna Pernah Hidup Susah (Foto: Harper Bazaar)

JAKARTA - Rihanna ternyata pernah hidup susah sebelum kini menjadi musisi wanita terkaya di dunia versi Forbes.

Tercatat, Rihanna yang memiliki nama lengkap Robyn Rihanna Fenty memiliki kekayaan sebesar USD1,7 miliar atau sekira Rp24,3 triliun.

Kekayaan Rihanna sebagian besar berasal dari bisnis kecantikannya, Fenty Beauty yang merupakan perusahaan patungan bersama salah satu orang paling kaya di dunia, Bernard Arnault. Konglomerat barang mewah asal Prancis itu memiliki kekayaan mencapai USD198,8 miliar atau sekitar Rp2.863,3 triliun.

Baca Juga: Ini Sumber Kekayaan Rihanna, Musisi Wanita Terkaya di Dunia Berharta Rp24,3 Triliun

 

Tidak seperti kebanyakan miliarder, Rihanna tidak dilahirkan kaya. Dia yang lahir pada 1988 di Barbados dari pasangan Ronald Fenty dan Monica Braithwaite pernah hidup susah dan berjualan pakaian di kios pinggir jalan.

Dikutip dari Mic, Jakarta, Minggu (8/8/2021), Rihanna bersama adik laki-lakinya tumbuh di keluarga bermasalah. Ayahnya adalah seorang pecandu alkohol dan narkoba. Bahkan, ayahnya juga melakukan kekerasan fisik kepada ibu dan dirinya.

Masalah tersebut menjadi sumber stres yang konstan dalam hidup Rihanna. Ketika berusia 8 tahun, dia mulai menderita sakit kepala hebat, yang membuat dokter berpikir dia menderita tumor. Namun pada usia 14 tahun, sakit kepalanya sembuh ketika orang tuanya bercerai.

Setelah bercerai, Braithwaite bekerja penuh waktu untuk memenuhi kebutuhan dia anak-anaknya. Sedangkan Rihanna berperan mengasuh adiknya

"Saya dewasa dengan cepat, seperti ibu kedua," kata dia kepada Guardian.

Sementara kehidupan sekolahnya juga tak begitu baik. Rihanna mengalami intimidasi karena warna kulitnya yang lebih cerah dibanding teman-temannya. Ayah Rihanna adalah keturunan Barbados-Irlandia yang dikenal sebagai Redlegs, sebuah istilah yang digunakan untuk penduduk miskin berkulit putih di Barbados.

Namun kesulitan dan pengalaman hidupnya membuat Rihanna menjadi wanita tangguh dan pekerja keras. Dia yang menyukai musik reggae, hip-hop, dan R&B ini pada masa remajanya membentuk grup musik bersama dua temannya.

Dikutip dari Your Tango, sebelum berusia 17 tahun, produser musik Amerika Evan Rogers menemukan bakatnya. Kemudian Rihanna diajak ikut audisi dan bergabung dengan label musik milik Jay Z. Dia pun sukses menjadi seorang penyanyi dunia, dengan banyak penghargaan yang diterimanya.

Setelah berhasil di dunia musik, Rihanna terjun ke dunia bisnis yang dibangun di atas keragaman dan inklusi. Pada 2017, dia meluncurkan lini kecantikan Fenty Beauty, menyusul lini pakaian dalam Savage x Fenty.

Kesuksesannya tersebut membuatnya menjadi miliarder. Bahkan Forbes menobatkannya menjadi musisi wanita paling tajir sejagat.

Sebagian besar kekayaan Rihanna sekitar USD1,4 miliar atau Rp20,05 triliun berasal Fenty Beauty. Sementara sisa kekayaannya berasal dari Savage X Fenty senilai USD270 juta atau Rp3,87 triliun, serta penghasilan dari kariernya sebagai musisi dan aktris papan atas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini