Tak Bisa Divaksin, Antigen/PCR Jadi Syarat Masuk Mal

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 11 Agustus 2021 16:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 11 320 2454171 tak-bisa-divaksin-antigen-pcr-jadi-syarat-masuk-mal-L7eJMKlMe1.png Tak Bisa Divaksin, PCR/Antigen Jadi Syarat Masuk Mal (Foto: MPI)

JAKARTA - Pengunjung masih bisa masuk ke mal meski tidak divaksin dengan alasan kesehatan, namun dengan catatan harus melakukan tes PCR atau antigen.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengatakan, aturan ini untuk mencegah terjadi penyebaran Covid-19.

"Nih masih uji coba kriteria wajib vaksin yang masuk ke mal dan dibatasi umur 12 tahun enggak boleh masuk, umur 70 tahun enggak boleh masuk. Kalau ada yang tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan silahkan menunjukkan hasil antigen dan PCR," kata Oke dalam video virtual, Rabu (11/8/2021).

 

Baca Juga: Mal Dibuka dengan Kapasitas 25%, Pengusaha: Masih Berat

 

Menurutnya, masa uji coba pembukaan mal dilakukan dengan terkontrol, sehingga, pembatasan dan pencegahan Covid-19 tidak meluas. Apalagi, uji coba pembukaan mal agar bisa menggairahkan ekonomi.

"Covid-19 enggak tahu kapan berakhir, kita bisa aja hidup dengan Covid-19. Uji coba ini dibahas dengan matang dan berbagai tujuan dan apakah kita bisa vaksin berdampingan dengan virus ini bagian dari uji coba dan kita lakukan secara terkontrol," katanya.

Saat ini, pusat perbelanjaan di DKI Jakarta mulai kembali beroperasi sejak 8 Agustus 2021 termasuk DKI Jakarta dengan syarat protokol kesehatan ketat.

Namun, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian jika ingin pergi ke mal, antara lain syarat vaksin hingga mendaftarkan diri di aplikasi Peduli Lindungi. Hal ini karena syarat menunjukkan kartu vaksin dengan cara manual kemungkinan nantinya bakal tidak berlaku.

Selama masa uji coba, pusat perbelanjaan dan mal diizinkan beroperasi pukul 10.00-20.00 WIB dengan kapasitas maksimal 25 persen. Seluruh pengunjung, termasuk pegawai harus sudah divaksin dan dapat dibuktikan dengan Sertifikat Vaksin dalam aplikasi PeduliLindungi, dalam keadaan sehat, serta memakai masker.

Seluruh pengunjung dan pegawai wajib memindai kode QR saat masuk dan keluar lokasi agar dapat tercatat dengan baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini