Share

Jokowi Pamer Bansos yang Dicairkan Sepanjang Covid-19, Diskon Listrik hingga BLT

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 16 Agustus 2021 09:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 16 320 2456170 jokowi-pamer-bansos-yang-dicairkan-sepanjang-covid-19-diskon-listrik-hingga-blt-MZJNac6FrO.jpg Presiden Jokowi Sampaikan Pidato Kenegaraan. (Foto: Okezone.com/Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pengetatan mobilitas masyarakat tidak bisa dihindari di tengah pandemi virus corona. Untuk itu, pemerintah memberikan bantuan sosial yang lebih banyak dibanding pada situasi normal.

Adapun bantuan yang diberikan seperti, Program Keluarga Harapan, Kartu Sembako, Diskon Listrik, Subsidi Gaji, Bantuan Produktif Usaha Mikro, Bantuan Sosial Tunai, BLT Dana Desa, dan Program Kartu Pra Kerja juga terus ditingkatkan.

Baca Juga: Cair, Berikut Syarat dan Cara Dapat Bantuan UKT Rp2,4 Juta untuk Mahasiswa

"Subsidi Kuota Internet untuk daerah-daerah PPKM juga semaksimal mungkin diberikan kepada tenaga kependidikan, murid, mahasiswa, guru, dan dosen," ujar Jokowi dalam sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI di Gedung MPR, Jakarta, Senin (16/8/2021).

Selain itu, solusi perekonomian yang berkelanjutan, pemerintah memastikan agar masyarakat bisa memperoleh pekerjaan yang layak dan mendongkrak perekonomian nasional. Pandemi memang telah banyak menghambat laju pertumbuhan ekonomi, tetapi pandemi tidak boleh menghambat proses reformasi struktural perekonomian kita.

Baca Juga: Cek Syarat dan Cara Mencairkan Bantuan BLT UMKM Rp1,2 Juta Tahap 2

"Struktur ekonomi kita yang selama ini lebih dari 55% dikontribusikan oleh konsumsi rumah tangga, harus terus kita alihkan menjadi lebih produktif dengan mendorong hilirisasi, investasi dan ekspor," ujarnya.

Oleh karena itu, fokuspemerintah adalah menciptakan sebanyak mungkin lapangan kerja baru yang berkualitas. Implementasi Undang-Undang Cipta Kerja terus kita percepat. Minggu yang lalu pemerintah telah meluncurkan OSS, Online Single Submission, yang sangat mempermudah semua level dan jenis usaha, apalagi bagi jenisjenis usaha yang berisiko rendah.

Urusan perizinan, pengurusan insentif dan pajak bisa dilakukan jauh lebih cepat, lebih transparan, dan lebih mudah. Kesempatan ini harus dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini