6 Fakta BLT Subsidi Gaji Cair, Begini Proses Pencairan Sampai ke Rekening Pekerja

Feby Novalius, Jurnalis · Sabtu 21 Agustus 2021 04:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 20 320 2458322 6-fakta-blt-subsidi-gaji-cair-begini-proses-pencairan-sampai-ke-rekening-pekerja-1QYoAHWFkU.jpg BLT Subsidi Gaji di 2021 Cair. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - BLT subsidi gaji merupakan salah satu bantuan sosial yang diberikan pemerintah untuk mengurangi beban masyarakat utamanya pekerja. BLT subsidi gaji diberikan sebesar Rp1 juta.

Untuk BLT subsidi gaji tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Selain beda besaran bantuan yang diterima, BLT subsidi gaji diberikan pada pekerja di wilayah PPKM Level 4 dan 3.

Okezone merangkum fakta-fakta menarik terkait BLT subsidi gaji hingga proses pencairannya sampai ke tangan pekerja, Sabtu (21/8/2021):

1. Beda BLT Subsidi Gaji 2020 dengan 2021

Pelaksanaan BSU tahun 2021 memiliki sejumlah perbedaan dengan BSU tahun 2020. Pertama, dari sisi cakupan. Di mana pada tahun 2020 BSU menyasar seluruh wilayah di Indonesia yang terdampak pandemi.

Baca Juga: Alasan BLT Subsidi Gaji Dipangkas Jadi Rp1 Juta, Keuangan Negara Terbatas!

Sedangkan BSU tahun 2021 hanya menyasar wilayah dengan PPKM level 3 dan level 4 (sesuai Inmendagri Nomor 22 Tahun 2021 dan Inmendagri Nomor 23 Tahun 2021).

Kedua, Batasan upah/gaji penerima BSU. Pada tahun 2020, upah/gaji maksimal penerima BSU adalah Rp5 juta. Sedangkan tahun 2021, upah/gaji maksimal adalah Rp3,5 juta, atau sesuai UMK/UMP dengan dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan bagi wilayah yang UMP/UMK-nya di atas Rp3,5 juta.

2. BLT Subsidi Gaji Dijamin Tepat Sasaran

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi mengatakan, pihaknya juga berupaya agar penyaluran BSU tahun ini lebih tepat sasaran. Salah satunya dengan menerapkan prinsip clear and clean, yakni clear dari sisi regulasi dan clean dari sisi data.

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta Masuk Rekening, Jangan Harap Dapat BLT PKH hingga UMKM

3. Penerima BLT Subsidi Gaji Tak Akan Dapat Bantuan PKH

Pelaksanaan BSU tidak bertabrakan dengan regulasi lain, serta tidak terjadi duplikasi data.

“Sehingga BSU jangan sampai menjadikan duplikasi penerima. Oleh karena itu, penerima BSU tidak akan menerima program Kartu Prakerja, tidak akan menerima Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Pemerintah Usaha Mikro (BPUM),” terang Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi.

4. Proses Siapa yang Layak Dapat BLT Subsidi Gaji

Kemnaker berkoordinasi dengan BPJS Ketenagakerjaan sebagai sumber data calon penerima BSU. Adapun, mekanisme penyaluran BSU ini adalah Kemnaker meminta data calon penerima BSU ke BPJS Ketenagakerjaan.

Kemudian BPJS Ketenagakerjaan melakukan verifikasi data dan pengelompokan rekening sebelum diserahkan ke Kemnaker; setelah diserahkan, Kemnaker melalui Barenbang melakukan check and screening (keseuaian data, kelengkapan format data, duplikasi data) dan pemadanan data (penerima Kartu Prakerja, BPUM, atau PKH).

5. Tahap Pencairan

Lalu diserahkan ke Ditjen PHI dan Jamsos (data yang lolos pengecekan atau data lengkap akan diteruskan ke KPA dan data yang tidak lolos/tidak lengkap akan dikembalikan ke BPJS Ketenagakerjaan untuk dilakukan perbaikan).

Selanjutnya, data yang lolos/lengkap dan telah diserahkan ke KPA akan ditetapkan sebagai penerima BSU, kemudian menyerahkan data tersebut ke KPPN untuk dilakukan proses transfer.

6. Cara Cek Dapat BLT Subsidi Gaji atau Tidak

Surya mengatakan, pihaknya juga menyediakan kanal informasi BSU tahun 2021 yakni melalui situs web bsu.kemnaker.go.id, call center 1500-630 (pada jam kerja Senin s.d Jumat pukul 08.00 WIB s.d 16.00 WIB), dan media sosial Kemnaker.

“Kalau di Kemnaker kami menyiapkan website resmi yaitu bsu.kemnaker.go.id. Jadi di kanal ini bapak/ibu bisa mengecek apakah NIK-nya terdaftar sebagai penerima BSU, bahkan apakah BSU-nya telah tersampaikan ke rekening penerima BSU atau belum, bisa dicek di kanal ini,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini