Share

Ingat! Subsidi Solar dan LPG 3 Kg Langsung ke Penerima pada 2022

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 24 Agustus 2021 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 24 320 2460339 ingat-subsidi-solar-dan-lpg-3-kg-langsung-ke-penerima-pada-2022-cOzIU4nm5J.jpg Subsidi Gas Elpiji Tahun Depan Diberikan Langsung ke Penerima. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Subsidi energi akan diarahkan lebih tepat sasaran pada 2022. Di mana pelaksanaan kebijakan transformasi subsidi berbasis komoditas menjadi subsidi berbasis penerima manfaat secara bertahap dan berhati-hati dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi dan sosial masyarakat.

"Selanjutnya, pemerintah juga mengapresiasi pandangan agar subsidi solar juga diarahkan menjadi subsidi berbasis orang," kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, dalam video virtual, Selasa (24/8/2021).

Baca Juga: Anggaran Subsidi BBM hingga Elpiji 3 Kg Bengkak Jadi Rp134 Triliun

Pemerintah akan melakukan evaluasi pelaksanaan kebijakan subsidi solar agar sejalan dengan kebijakan subsidi tepat sasaran.

Sejalan dengan pandangan F-PKB, Pemerintah akan melakukan upaya penyempurnaan DTKS dengan melakukan verifikasi dan validasi secara reguler dan mendorong pembangunan sistem yang terintegerasi dengan data sasaran penerima subsidi.

Baca Juga: Menko Luhut Kawal Transformasi Subsidi Elpiji dan Listrik

Hal ini dilakukan untuk memastikan subsidi diberikan kepada golongan masyarakat yang perlu dilindungi, yaitu masyarakat miskin dan rentan.

"Pemerintah mengapresiasi pandangan dan perhatian F-PKB, F-Partai Demokrat, F-PKS, dan F-PPP yang mendukung pelaksanaan reformasi subsidi energi menjadi subsidi berbasis orang untuk subsidi LPG tabung 3 kg dan subsidi listrik," tandasnya.

Pemerintah mengalokasikan anggaran perlinsos sebesar Rp427,5 triliun pada RAPBN tahun 2022 sebagai upaya meringankan beban pengeluaran keluarga miskin dan rentan, serta mengembalikan tren penurunan tingkat kemiskinan dan ketimpangan. Pemerintah optimis dengan upaya penyempurnaan data dan penajaman program maka program perlinsos akan menyasar masyarakat yang memang membutuhkan bantuan.

"Kebutuhan anggaran perlindungan sosial pada tahun 2022 dapat meningkat sejalan dengan perkembangan dampak pandemi Covid-19," pungkasnya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini