Pelindo I hingga IV Digabung Mulai 1 Oktober 2021

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Rabu 01 September 2021 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 01 320 2464550 pelindo-i-hingga-iv-digabung-mulai-1-oktober-2021-F9OvVnbcrv.jpg Penggabungan Pelindo I, II, III dan IV. (Foto: Okezone.com/Pelindo 2)

JAKARTA- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memutuskan menggabungkan integrasi PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I, II, III dan IV (Persero). Penggabungan akan diresmikan 1 Oktober 2021.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, penggabungan Pelindo berpeluang untuk meningkatkan jumlah investasi khususnya pada sektor akses-akses BUMN.

Baca Juga: Jangan Nekat! Praktik Suap di Pelabuhan Bisa Ketahuan

“Mergerisasi ini merupakan sebuah wacana yang sudah lama sebenarnya dan beberapa hal telah diupayakan khususnya ini dapat meningkatkan jumlah investasi khususnya dalam akses-akses BUMN Itu sendiri,” kata Kartika melalui konferensi virtual, Rabu (1/9/2021).

Pelindo akan segera disatukan pada 1 Oktober 2021. “Kita di sini sedang menunggu PP yang bisa menjadikan dasar hukum untuk penggabungan atau merger empat Pelindo ini. Dalam peningkatan sosial dan ekonomi dari Pelindo juga kami menekankan pertama bagiamana strategi pelabuhan nasional bisa dijadikan roadmap yang terintegrasi,” katanya.

Baca Juga: Ada Pungli di Pelabuhan, Segera Adukan ke Menko Luhut

Dia mengatakan, tadinya empat pelabuhan terbagi berdasarkan wilayah regional akan dimaksimalkan menjadi sistem integrasi nasional.

“Starndarisasi pelayanan operasional sehingga dari sisi efisiensi pelabuhan dan juga kecepatan dan pelayanan bisa tersentraliasi dengan baik dari Sabang sampai Merauke,” ungkapnya.

(fbn)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini