BLT UMKM hingga Bansos PKH Sudah Dicairkan Rp37,8 Triliun

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Jum'at 03 September 2021 08:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 03 320 2465470 blt-umkm-hingga-bansos-pkh-sudah-dicairkan-rp37-8-triliun-EtG8Pby6Xa.jpg Himbara Cairkan Bantuan PKH hingga BLT UMKM. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Himpunan Bank Negara (Himbara) mencatat telah menyalurkan bantuan sosial (Bansos) pemerintah Program Keluarga Harapan (PKH), Banpres Usaha Mikro (BPUM) kepada lebih dari 24,9 juta penerima bantuan atau pelaku UMKM dengan total Rp37,8 triliun.

Jumlah tersebut terdiri dari program sembako senilai Rp15,2 trilun kepada 8,9 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Program Keluarga Harapan (PKH) senilai Rp17,2 triliun kepada 10,4 juta penerima, serta BPUM seninali Rp11,6 triliun yang menyasar kepada 9,6 juta pelaku UMKM.

Baca Juga: Cek Penerima BLT UMKM Rp1,2 Juta di Eform BRI

Ketua Himbara yang juga Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, pihaknya akan terus mendorong berbagai bantuan tersebut untuk memulihkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Dia juga menekankan pentingnya sinergi dan kerjasama antar pihak agar kondisi ekonomi terus membaik.

“Upaya mendorong UMKM agar terus berkembang dan bertahan di tengah kesulitan akibat pandemi Covid-19 harus dilakukan dengan mengandalkan sinergi atau kerjasama antar pihak," ujar Sunarso pada keterangan tertulis yang diterima MNC Portal, Kamis (2/9/2021).

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta Masuk Rekening, Ayo Cek ke ATM

Sementara itu, PT Bank Negara Indonesia (BNI) (Persero) Tbk terus mengoptimalkan upaya percepatan penyaluran berbagai Bansos, termasuk salah satunya adalah bansos pangan non tunai atau bansos sembako. Hingga Agustus 2021, BNI telah berhasil menyalurkan bansos sembako kepada 5,85 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh Indonesia, dengan nilai Rp 10,21 triliun.

“Untuk realisasi Bansos PKH sendiri, kami sudah menyalurkan kepada 4,1 juta KPM dengan nilai dana bantuan yang tersalur adalah sebanyak Rp 7,29 triliun hingga Agustus 2021 ini,” tambah Direktur Utama BNI, Royke Tumilaar.

Meningkatkan pelayanan penyaluran Bansos, Himbara senantiasa mengevaluasi proses penyaluran hingga ke masyarakat yang berhak, mulai dari koordinasi dengan Kementerian Sosial dan Dinas Sosial di Kabupaten Kota setempat.

Himabara menyalurkan tiga jenis stimulus dari pemerintahi, yakni government spending, government investment dan government guarantee. Berbagai program tersebut di antaranya, restrukturisasi kredit, penyaluran bantuan sosial (bansos), penyaluran bantuan subsidi upah (BSU) pekerja, Banpres Usaha Mikro (BPUM) dan penyaluran dana pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Sebagai salah satu bank penyalur yang ditunjuk oleh Pemerintah, Bank Mandiri berkomitmen untuk menyukseskan program Bantuan Sosial guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Indonesia," ujar Darmawan, Direktur Utama Bank Mandiri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini