Lapas Tangerang Terbakar Belum Diasuransikan, Negara Rugi Rp1,5 Miliar

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 10 September 2021 15:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 320 2469384 lapas-tangerang-terbakar-belum-diasuransikan-negara-rugi-rp1-5-miliar-AuvZxdHA7p.jpg Lapas Tangerang Kebakaran. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Direktorat Jendral Kekayaan Negara mengungkapkan bahwa bangunan yang terbakar di Lapas Tangerang belum diasuransikan. Adapun kebakaran menghanguskan Lapas Kelas 1 Tangerang, Kota Tangerang pada Rabu dini hari.

Direktur Barang Milik Negara Ditjen Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Encep Sudarwan mengatakan, tercatat kerugian atas aset yang terbakar mencapai Rp1,5 miliar. Tapi pihaknya akan terus berkoordinasi agar diperoleh hasil yang pasti.

Baca Juga: Cerita Napi yang Selamat dari Kebakaran Lapas Tangerang, Saksikan Teman Sekamar Hangus

“Yang kena kebakaran kemarin menurut cek nilai sekitar Rp1,5 miliar dan ditambah dengan peralatan mesin sekitar Rp75 juta, jadi ya sekitar Rp1,5 miliar. Tapi nanti akan dicek lagi pengecekan belum final,” kata Encep dalam diskusi virtual, Jumat (10/9/2021).

Baca Juga: Polisi: Gelar Perkara Kasus Kebakaran Lapas Tangerang Baru Selesai

Dia pun berkoordinasi dengan Kemenkumham untuk mengetahui jumlah pasti aset yang terbakar.

“Sayangnya lapas itu belum diasuransikan. Ini lagi diteliti dulu, kami berkoordinasi dengan Kemenkumham, katanya.

Saat ini, DJKN sedang mempersiapkan penyediaan lahan baru untuk pembangunan kembali lapas Tangerang yang mengalami kebakaran beberapa waktu lalu.

"Kami juga atas arahan pak dirjen menyiapkan kebutuhan BMN berupa tanah kosong yang kami siapkan untuk pembangunan lapas di Jabodetabek maupun di luar wilayah ini,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini