Investasi SBN Ritel, Imbal Hasilnya Mirip Gajian!

Sevilla Nouval Evanda, Jurnalis · Kamis 16 September 2021 22:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 16 622 2472535 investasi-sbn-ritel-imbal-hasilnya-mirip-gajian-ys6tH7YxY4.jpg Investasi di Surat Utang (Foto: Okezone)

JAKARTA - Investasi di kalangan anak muda dilakukan dengan mencari segudang keuntungan. Namun, menurut Perencana keuangan dan CEO Zap Finance, Prita Hapsari Ghozie, hal tersebut tak sepenuhnya benar.

Melalui akun Instagram-nya, @pritaghozie, Prita membagikan pertanyaan dari banyak followers, yaitu "Investasi apa yang paling gede cuannya, mba Prita?".

Dia menjawab, pemikiran tersebut membuat orang terjun langsung ke investasi saham, aset kripto, dan lainnya tanpa tahu potensi dan risikonya.

"Sayangnya, semakin besar cuan alias keuntungan yang dicari, kita juga harus siap dengan risiko investasi yang lebih besar," tulisnya dalam unggahan Instagram beberapa waktu lalu.

Baca Juga: 7 Cara Bijak Gunakan Uang, Jangan Tergoda Diskon Belanja Online

Sebagai gantinya, Prita mengganti bahasan tersebut menjadi "opsi lain yang lebih cuan (menghasilkan keuntungan) dari pada tabungan, tetapi risikonya tidak sebesar saham".

"Jawabannya adalah Surat Berharga Negara (SBN) Ritel," lanjut dia.

Selanjutnya, dia memaparkan keuntungan yang bisa didapat melalui pembelian SBN Ritel. Kata dia, instrumen investasi yang diterbitkan pemerintah ini memberikan imbal hasil yang dibayarkan setiap bulan, mirip gajian pasif.

Baca Juga: 7 Cara Atur Keuangan di Tengah Pandemi, Bawa Bekal ke Kantor

Dia juga menjelaskan, investasi melalui SBN Ritel bisa menimbulkan perasaan bangga karena ikut serta dalam program pembiayaan pembangunan negara.

Tak kelewatan, Prita juga merinci detail keuntungan dari setiap pembelian SBN Ritel. Saat ini, pemerintah RI sedang menawarkan sukuk ritel seri 015 atau SR015 yang memberikan kupon hasil 5,1% pertahun.

Dalam rinciannya, terdapat imbal hasil per tahun Rp1.1 juta jika berinvestasi pada SBN Ritel sebesar Rp25 juta.

"Nah, jika kamu ingin dapat imbal hasil Rp1 juta pertama dari investasi, maka belilah SBN Ritel sebanyak Rp25 juta," jelas Prita.

Namun, menurut perencana keuangan ini, pembelian SBN Ritel tentunya bisa dilakukan sesuai kemampuan finansial. Dia juga mengingatkan untuk membayar pesanan setelah memesan SBN Ritel untuk memastikan slot.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini