6 Poin Penting Hasil Pertemuan Menteri Ekonomi se-Asean

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Minggu 19 September 2021 05:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 18 320 2473386 6-poin-penting-hasil-pertemuan-menteri-ekonomi-se-asean-QGjCym0clD.jpg 6 Kesepakatan Menteri se-Asean (Foto: Kemendag)

JAKARTA – Enam poin disepakati dalam Pertemuan ASEAN Economic Ministers (AEM) ke-53. Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi menyampaikan pertemuan yang berlangsung pada 8 – 9 September 2021 dan pertemuan ASEAN dengan Negara Mitra Dialog pada 13-15 September 2021.

Beberapa poin penting tersebut bertujuan mempercepat pemulihan ekonomi di negara ASEAN pasca pandemic Covid-19.

“Kami berharap, poin-poin yang telah disepakati nantinya dapat meningkatkan kerja sama perdagangan dan mempercepat pemulihan ekonomi negara-negara ASEAN pascapandemi Covid-19,” kata Mendag Lutfi dikutip Sabtu (18/9/2021).

Adapun poin yang disampaikan Mendag, yaitu

1. Mereviu dan meng-upgrade Persetujuan Perdagangan Barang ASEAN/ASEAN Trade in Goods Agreement (ATIGA) yang akan dimulai pada 2022. Hal ini guna menyesuaikan kondisi ekonomi ASEAN dengan perkembangan ekonomi global dinamika kebutuhan pelaku usaha untuk meningkatkan perdagangan intra-ASEAN dan mewujudkan sentralitas ASEAN.

2. Mendorong upaya pemulihan ekonomi di ASEAN sebagai dampak pandemi Covid-19 melalui kolaborasi produksi vaksinasi di kawasan, implementasi ASEAN Travel Corridor Arrangment, dan pembentukan ASEAN Digital Travel Wallet untuk mempermudah mobilitas dan kemudahan transaksi pembayaran selama masa pandemi.

3. Menyepakati pembentukan ASEAN Investment Facilitation Framework (AIFF) untuk meningkatkan fasilitasi investasi.

Baca selengkapnya: Hasil Pertemuan Menteri Ekonomi Asean, Sepakati Percepat Pemulihan Pascapandemi

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini