Jalur Layang Bogor Line Bisa Urai Kepadatan Penumpang

Dinar Fitra Maghiszha, Jurnalis · Sabtu 25 September 2021 21:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 25 320 2476841 jalur-layang-bogor-line-bisa-urai-kepadatan-penumpang-D0DjOQo2C7.jpg Jalur Layang Bogor (Foto: Okezone)

JAKARTA - Jalur layang (elevated track) KRL Bogor Line di Stasiun Manggarai telah resmi beroperasi Sabtu (25/9/2021).

Pantauan MNC Portal, sejumlah penumpang terlihat mengikuti arahan petugas untuk masuk sesuai peron rute tujuan Jakarta Kota - Bogor. Masyarakat menyambut baik adanya jalur di lantai 2 ini dengan beragam komentar.

Alika (22) mengaku antusias mencoba jalur layang ini untuk pertama kalinya dan merasa terbantu saat transit di Stasiun Manggarai.

Baca Juga: Keluhan Penumpang KRL dari Manggarai ke Depok 2,5 Jam

"Perasaan saya senang sekali karena ini ditunggu-tunggu karena kalau lewat bawah ramai sekali, nah kalau lewat atas bisa khusus mau ke Bogor," katanya kepada MNC Portal.

Senada, Haqi (23), yang sedang berburu foto, berkomentar bahwa pembangunan jalur layang ini diharapkan dapat mengurai kepadatan penumpang untuk tujuan Bogor - Jakarta Kota.

Baca Juga: Pengguna KRL Pilih Bertahan di Stasiun Depok hingga Perjalanan Normal Kembali

"Pembangunan jalur layang ini semoga dapat membantu mengurai kepadatan, walau belum sempurna, tetapi semoga dapat mengurai antrian sebelum masuk ke Stasiun Manggarai," ujar anak komunitas kereta ini.

Sementara itu, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Rode Paulus Gagok megatakan pembangunan Jalur Layang Bogor Line ini merupakan bagian dari Pengembangan Stasiun Manggarai dalam kerangka pembangunan Jalur Dwi Ganda Manggarai-Cikarang.

"Sesuai rencana, dilakukan kegiatan switch over 4, yaitu pemindahan jalur KRL Bogor Line yang tadinya di bawah (at grade), akan dipindah ke jalur 10, 11, 12 dan 13 di lantai 2," ujar Rode.

“Setelah melalui serangkaian pengujian dilanjutkan jalur layang ini akan dioperasikan melayani penumpang. Saat dioperasikan, jalur layang Bogor Line ini dapat diakses dengan escalator dan lift difabel serta tangga manual yang sudah dibangun,” tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini