Okupansi Hotel Naik tapi Pendapatan Masih Lesu

Avirista Midaada, Jurnalis · Sabtu 02 Oktober 2021 10:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 02 470 2480158 okupansi-hotel-naik-tapi-pendapatan-masih-lesu-LHpeMS43ga.jpg Okupansi Hotel mulai meningkat (Foto: Okezone)

MALANG - Okupansi hotel di Kota Malang mulai pulih karena penurunan level PPKM. Namun ternyata kenaikan okupansi hotel belum berimbas pada 'kantong' pekerja.

Meski demikian, sejumlah pekerja hotel yang sebelumnya dirumahkan tanpa upah dipanggil kembali untuk kembali bekerja. Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Malang Agoes Basoeki mengakui, bila kondisi perhotelan di Kota Malang belum sepenuhnya normal dan pulih.

Baca Juga: Satu Paket, Wisata Dibuka Dorong Okupansi Hotel

"Kalau menutup hotel tidak, hanya merumahkan karyawan. Dan ketika mulai normal operasional dipanggil masuk lagi, tapi ini belum sepenuhnya normal," kata Agoes Basoeki, ditemui MNC Portal, pada Sabtu (2/10/2021).

Menurutnya, secara operasional pun pekeja hotel masih diberlakukan sistem shift dan tidak sepenuhnya 100% masuk. Apalagi adanya pembatasan di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan mengantisipasi penyebaran Covid-19, membuat pelaku perhotelan hanya memasukkan 50% pekerjanya.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Melandai, Okupansi Hotel di Jawa Timur Mulai Menggeliat

"Sudah mulai mempekerjakan karyawan 50%, mulai memulihkan karyawan, cuma memang masih separuh sistem shift. Karena aturannya gitu," tuturnya.

Kondisi ini masih membuat pelaku perhotelan dan pekerjanya berpuasa kembali di tengah pelonggaran dan komitmen pemerintah memulihkan perekonomian. Apalagi selama PPKM darurat dan PPKM level 4 diberlakukan, yang memukul dunia pariwisata dan perhotelan.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini