Stop Ekspor Bahan Mentah! Presiden Jokowi: Kita Jangan Hanya Jadi Tukang Gali Tambang

Dita Angga R, Jurnalis · Rabu 13 Oktober 2021 12:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 13 320 2485579 stop-ekspor-bahan-mentah-presiden-jokowi-kita-jangan-hanya-jadi-tukang-gali-tambang-wcTTItVJwe.png Jokowi (Foto: Youtube Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak ingin Indonesia hanya mengekspor bahan mentah. Jokowi menekankan pentingnya hilirisasi.

"Tidak bisa lagi kita mengekspor dalam bentuk raw material, dalam bentuk bahan mentah yang tidak memiliki nilai tambah. Kita dapat uang dari itu, iya. Kita dapat income dari situ, iya. Tetapi nilai tambahnya itu yang kita inginkan,” ujar Jokowi saat memberikan pengarahan kepada peserta Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XXIII dan Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXII Tahun 2021 Lemhannas RI, di Istana Negara, Rabu (13/10/2021).

Baca Juga: Harus Tahu! Indonesia Miliki Cadangan Tembaga Terbesar di Dunia

 

Jokowi mengingatkan agar Indonesia tidak hanya tukang gali tambang ataupun tukang menangkap ikan saja. Menurutnya kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia harus dimanfaatkan dengan baik di dalam negeri.

“Tapi kalau kita hanya tukang gali kemudian kita kirim keluar, mereka buat smelter di sana kemudian dijadikan barang setengah jadi atau barang jadi kemudian kembali ke sini kita beli. Inilah yang sedikit demi sedikit, tahap demi setahap harus mulai kita hilangkan. Enggak boleh lagi kita hanya jadi tukang tangkap ikan. Ndak, harus ada industri pengolahan nya di sini,” ujarnya.

Jokowi mengatakan, booming komoditas tertentu harus dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan nilai tambah.

“Pada saat kita mendapatkan booming kayu hanya tebang, tebang, tebang tapi ga ada industri perkayuan, ga ada industri permebelan. Sehingga nilai tambahnya juga kita kehilangan kesempatan itu. Sekali lagi kita harus menghasilkan produk yang mempunyai nilai tambah tinggi, yang mengkombinasikan antara pemanfaatan kekayaan alam dengan kearifan dengan teknologi yang melestarikan,” katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini