Presiden Jokowi Akui Biaya Logistik RI Mahal Dibanding Tetangga

Dita Angga R, Jurnalis · Kamis 14 Oktober 2021 12:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 320 2486153

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui biaya logistik di Indonesia masih tertinggal dari negara-negara tetangga. Jokowi menduga mahalnya logistik RI karena ada yang tidak efisien.

Baca Juga: Resmikan Merger Pelindo I-IV, Presiden Jokowi: Ada yang Tak Efisien di Negara Kita

โ€œKita tahu biaya logistik negara kita dibanding negara-negara tetangga kita masih jauh tertinggal kita ini. Mereka biaya logistiknya hanya 12% kurang lebih. Kita masih 23%. Artinya ada yang tidak efisien di negara kita,โ€ katanya dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis (14/10/2021).

Baca Juga: Pelindo I-IV Merger 1 Oktober, Wamen BUMN: Turunkan Biaya Logistik

Dia mengatakan pembangunan berbagai infrastruktur yang dilakukan pemerintah bertujuan untuk menekan biaya logistik tersebut. Dengan begitu daya saing Indonesia pun meningkat.

โ€œOleh sebab itu kenapa dibangun infrastruktur baik itu jalan, baik pelabuhan, baik itu airport karena kita ingin produk-produk kita, barang-barang kita bisa bersaing kalau kita adu kompetisi dengan produk-produk negara lain,โ€ ujarnya.

Pada kesempatan itu Jokowi meresmikan penggabungan Pelindo I, II, III, dan IV menjadi PT Pelabuhan Indonesia. Selain itu Jokowi juga meresmikan Terminal Multipurpose Wae Kelambu Pelabuhan Labuan Bajo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini