Ekonomi AS hingga China Mulai Pulih, Presiden Jokowi: Kita Manfaatkan Ekspor Sebanyak-banyaknya

Dita Angga R, Jurnalis · Kamis 21 Oktober 2021 11:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 21 320 2489445 ekonomi-as-hingga-china-mulai-pulih-presiden-jokowi-kita-manfaatkan-ekspor-sebanyak-banyaknya-0nt3yiYkKp.jpg Presiden Jokowi soal Ekspor Indonesia (Foto: BPMI)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kinerja ekspor Indonesia lebih ditingkatkan lagi. Pasalnya ekonomi negara mitra sudah mulai pulih dan menjadi peluang peningkatan ekspor.

Jokowi mengatakan, ekspor Indonesia di tahun ini mencapai puncak, yaitu sebesar USD142,01 miliar dan tumbuh 37,77% year on year. Namun, dia meminta agar jangan lengah.

Menurutnya, Indonesia berpeluang tumbuh lebih tinggi lagi dari capaian tersebut. Pasalnya potensi pasar ekspor masih terbuka lebar. Hal ini diperkuat juga dengan pertumbuhan positif di negara-negara mitra dagang Indonesia.

“Daya saing harus terus ditingkatkan. Kita tetap punya peluang tumbuh lebih tinggi. Karena potensi pasar ekspor masih terbuka lebar, mitra dagang kita juga mulai pulih dan kuartal kedua 2021 Tiongkok tumbuh 7,9% year on year, AS tumbuh 12,2%, Jepang tumbuh 7,6%, dan India bahkan tumbuh 20,1%. Peluang ini harus kita manfaatkan untuk mendorong peningkatan ekspor sebanyak-banyaknya,” kata Jokowi saat membuka Trade Expo Indonesia Digital Edition 2021, Kamis (21/10/2021).

Baca Juga: Ingatkan Kepala Daerah, Presiden: Setiap Daerah Harus Fokus pada Produk Unggulannya

Jokowi mengatakan bahwa saat ini pandemi covid-19 di Tanah Air terkendali dengan baik. Menurutnya hal ini harus dimanfaatkan untuk mengaktifkan lagi perdagangan global.

“Alhamdulillah kondisi pandemi covid-19 bisa kita kendalikan dengan baik. Oleh sebab itu kerja sama dan perdagangan global harus segera kita aktifkan,” katanya.

Maka dari itu, Jokowi menekankan bahwa saat ini Indonesia membuka seluas-luasnya kerja sama internasional.

“Kerja sama perdagangan yang berimbang dan saling menguntungkan. Investasi yang berkualitas yang membuka banyak kesempatan kerja serta transfer teknologi dan peningkatan kapasitas SDM secara berkelanjutan,” ungkapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini