Kartu ATM Lama Diblokir Semua Pakai Chip di 2022, Cek 5 Faktanya

Sevilla Nouval Evanda, Jurnalis · Sabtu 23 Oktober 2021 05:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 22 320 2489986 kartu-atm-lama-diblokir-semua-pakai-chip-di-2022-cek-5-faktanya-CLTMJ6avBO.jpg Kartu ATM Lama Segera Ditukar dengan Chip. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Kartu ATM lama magnetic stripe bakal diblokir perbankan di Indonesia. Sebelum itu, nasabah wajib tahu dan mengganti kartu ATM lama ke chip.

Pasalnya, tahun depan kartu chip bakal mulai efektif dipergunakan. Selain kartu ATM untuk bantuan sosial (bansos) dan tani, semua kartu ATM magnetic stripe akan diblokir.

Berikut lima fakta kartu ATM lama diblokir dan nasabah harus ganti ke chip, seperti dirangkum Okezone pada Sabtu (23/10/2021):

1. Mulai 2022, Tak Ada Lagi Magnetic Stripe

Batas penggunaan kartu ATM magnetic stripe diketahui hanya sampai 31 Desember 2021. Pergantian kartu ini sesuai Surat Edaran (SE) Bank Indonesia (BI) Nomor 17/52/DKSP tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Indentification Number Online 6 Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debet yang diterbitkan di Indonesia.

Baca Juga: Awas Diblokir! Ini Jadwal Kartu ATM Magnetic Harus Diganti ke Chip dan Caranya

Oleh sebab itu, perbankan Indonesia mulai menjadwalkan pemblokiran kartu ATM yang lama. Kini, terhitung ada empat bank yang mengharuskan nasabahnya mengganti kartu ke chip.

2. Manfaat Kartu ATM Chip

Nasabah harus mengganti kartu ATM menjadi berbasis chip sesuai instruksi dari Bank Indonesia (BI). Kartu chip punya manfaat yang menguntungkan bagi nasabah.

Melakukan transaksi debit online akan lebih mudah dengan kartu chip. Kemudian, nasabah juga bisa merasa aman karena chip meminimalisir tindak pencurian data atau skimming. Pada kartu magnetic stripe, hal ini masih kerap terjadi. Pasalnya, secara teknologi, data pada magnetic stripe lebih mudah di-copy dibandingkan kartu chip.

Baca Juga: 6 Fakta Bank Ramai-Ramai Blokir Kartu ATM Lama

3. Jadwal Ganti Kartu ATM Lama

Penjadwalan blokir kartu ATM lama dilakukan sesuai peraturan masing-masing bank. Terpenting, tidak melewati tanggal 31 Desember 2021.

Contohnya, Bank Negara Indonesia (BNI) memberikan kesempatan nasabahnya untuk mengganti kartu ATM magnetic stripe menjadi chip sampai 30 November 2021. Kemudian, Bank Central Asia (BCA) melakukan menggantian kartu ATM hingga akhir 2021.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) juga memberikan waktu nasabahnya menukar kartu magnetic stripe hingga akhir tahun 2021.

4. Bank yang Mulai "Hijrah" Bertahap

Ada bank yang melakukan pemblokiran kartu magnetic stripe secara bertahap. Bank Mandiri, misalnya, melakukan pemblokiran kartu ATM lama secara bertahap sesuai expiry date pada kartu.

Mulai 1 April lalu, Bank Mandiri telah memulai tahap 1 pemblokiran kartu untuk expiry date 2021 - 2022. Kemudian, kartu lama yang kedaluwarsa pada 2023 - 2025 mulai diblokir pada 1 Juni 2021.

Sementara itu, kartu ATM dengan expiry date 2026 - 2030 diblokir mulai 1 Juli 2021 lalu.

5. Ganti Kratu ATM Gratis

Diketahui, saat ini bank di Indonesia melakukan pergantian kartu ATM magnetic stripe ke kartu berbasis chip tanpa pungutan biaya alias gratis.

Misalnya, BNI yang melakukan pergantian kartu melalui kantor cabangnya atau mesin BNI Sonic tanpa biaya sepeser pun. Sementara itu, BRI melakukan pergantian kartu pada 9000 unit kerjanya secara gratis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini