Sri Mulyani Jabat Erat Tangan Presiden AS Joe Biden, Bahas Apa Ya?

Michelle Natalia, Jurnalis · Selasa 02 November 2021 21:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 02 320 2495761 sri-mulyani-jabat-erat-tangan-presiden-as-joe-biden-bahas-apa-ya-77DvQTHuGS.jpg Sri Mulyani Berjabat Tangan dengan Joe Biden. (foto: okezone.com/Instagram)

GLASGOW - Menteri Keuangan Sri Mulyani ikut mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Glasgow, Inggris.

"Pertemuan lebih satu jam membahas isu strategis di kawasan Pasifik dan global, pentingnya peranan Indonesia sebagai negara demokratis terbesar ketiga di dunia dan kepemimpinan Presiden Jokowi yang dihormati di kawasan ASEAN, Asia Pasifik, dan juga dunia," ujar Sri dalam akun Instagram resminya @smindrawati pada Selasa(2/11/2021).

Baca Juga; Dampingi Presiden Jokowi Temui Joe Biden, Menko Luhut: Saya Bangga

Sri Mulyani mengatakan, pembahasan juga menyangkut potensi kerjasama Indonesia dan AS di bidang ekonomi, investasi, dan penanganan dampak perubahan iklim.

"Juga penanganan pandemi termasuk bantuan vaksin Covid-19," pungkasnya.

Baca Juga: Jadi Presidensi KTT G20, Erick Thohir: Kesempatan Indonesia Tunjukkan Pertumbuhan Ekonomi

Terlihat dalam unggahan tersebut, Sri Mulyani menjabat erat tangan Presiden AS Joe Biden. Selain Sri Mulyani, turut mendampingi Presiden Jokowi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

Luhut menyampaikan penghormatan dan apresiasi yang diberikan oleh para kepala negara tidak terkecuali dari Joe Biden terhadap Presiden Joko Widodo.

“Dalam pidato Presiden belum lama ini, beliau sampaikan bahwa krisis, resesi, dan pandemi itu seperti api, sebisa mungkin perlu kita hindari. Namun jika hal itu tetap terjadi, banyak hal yang bisa kita pelajari. Api memang membakar, tetapi juga sekaligus menerangi dan memotivasi,”kata Menko Luhut.

Luhut menyampaikan seluruh rangkaian pertemuan yang dimulai sejak beberapa minggu lalu di Amerika bersama dengan Jake Sullivan hingga John Kerry menyebutkan adalah pertemuan berharga.

“Saya merasa bangga bisa mendampingi Presiden jokowi untuk mendengarkan dan mengamati situasi dan kondisi serta dinamika di kawasan yang disampaikan oleh Presiden Biden. Satu hal yang saya ingat dalam pertemuan tersebut bahwa menurut beliau, peran Indonesia sungguh besar dan nyata di kawasan bahkan di tataran global dalam memajukan nilai-nilai demokrasi,” paparnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini