Sering Dilakukan, Ini 5 Kesalahan dalam Memilih Robot Trading

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Senin 08 November 2021 11:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 08 320 2498355 sering-dilakukan-ini-5-kesalahan-dalam-memilih-robot-trading-8yFEr3m33s.jpg Kesalahan dalam Memilih Robot Trading. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Kesalahan dalam memilih robot trading kerap dilakukan trader. Hal ini membuat aktivitas investasi yang seharusnya menguntungkan bisa berbalik merugikan.

Kesalahan dalam memilih robot trading ini biasanya dilakukan oleh para pemula. Agar pemula lain terhindar dari kesalahan serupa, simak rangkuman kesalahan umum memilih robot trading yang telah Okezone rangkum pada Senin (8/11/2021).

Baca Juga: Investor Harus Tahu! Ini Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan Robot Trading

1. Minim Pengetahuan Dunia Trading

Bagi seorang pemula, dunia trading dapat dikatakan cukup rumit karena memiliki banyak aspek seperti kondisi pasar, profit, dan loss.

Strategi tertentu juga diperlukan saat terjun ke dunia trading. Oleh karena itu, trader pemula wajib memahami trading secara manual dengan baik sebelum menggunakan robot.

Baca Juga: 4 Perbedaan Robot Trading Resmi dan Ilegal, Cek Rekam Jejak

2. Belum Memahami Risiko

Meski berfungsi untuk membantu trader dalam aktivitas trading, robot trading juga tak luput dari risiko. Pemula wajib memahami bahwa penggunaan robot trading tidak secara otomatis mendatangkan profit terus-menerus.

3. Salah Memilih Broker

Broker adalah pihak perantara dalam aktivitas trading. Agar tidak salah pilih, pahami terlebih dahulu performa trading agar robot tidak salah memilih broker.

4. Tidak Menguji Robot Trading Terlebih Dahulu

Robot trading hanya bisa melakukan apa yang sudah diprogramkan dan sebatas menjadi pengendali sistem trading agar trader tak perlu memantau pasar sepanjang hari. Maka dari itu, pengujian penting untuk dilakukan sebelum memutuskan untuk menggunakan robot trading.

5. Tidak Mengecek Performa Robot Trading

Selanjutnya, performa robot trading juga perlu untuk dicek kesesuaiannya dengan sistem trading dan apakah dapat diandalkan untuk mendulang profit. Sebab, kembali lagi, penggunaan robot trading adalah mendatangkan keuntungan yang lebih besar untuk para trader.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini