Share

Cara Membedakan Robot Trading Asli dan Ilegal

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Senin 15 November 2021 21:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 15 278 2502107 cara-membedakan-robot-trading-asli-dan-ilegal-BSE7wpBNqf.jpg Cara Membedakan Robot Trading Asli dengan Ilegal. (Foto: Okezone.com/MNC Sekuritas)

JAKARTA  – Cara membedakan robot trading asli dan ilegal penting untuk diketahui. Pasalnya, tidak sedikit masyarakat yang terjebak pada investasi robot trading abal-abal yang akhirnya memakan korban.

Adapun robot trading merupakan algoritma indikator yang diprogram untuk membantu menganalisa pasar secara teknikal atau grafik. Artinya, robot trading sebatas tools yang membantu para trader.

Baca Juga:Hati-Hati! Ini 6 Kesalahan Pemula dalam Berinvestasi

Lantas, bagaimana cara membedakan robot trading asli dan ilegal?

Dikutip dari berbagai sumber, Senin (15/11/2021), perhatikan ciri-ciri berikut untuk membedakan robot trading asli dan ilegal:

1. Robot trading ilegal tidak mempunyai file, sebab penyedia mengklaim akan menginstalkan. Sementara, robot trading yang asli, ada wujudnya, yakni berupa file expert advisor (EA) yang memiliki ekstensi mql4 atau ex4 di MetaTrader 4 atau mql5 atau ex5 di MetaTrader 5.

Baca Juga: Beri Edukasi Investasi, MNC Sekuritas x Sahamology Gelar Bootcamp For Trader, Cek di Sini!

2. Robot trading ilegal hanya bisa dipakai di broker tertentu, di mana broker tersebut juga tidak jelas regulasinya. Sementara, robot trading asli bisa digunakan di broker forex manapun serta harus diinstal terlebih dahulu di komputer atau server.

3. Profit yang ditawarkan robot trading ilegal atau abal-abal juga cenderung besar serta ada sistem MLM.

4. Semua pembukaan posisi trading di harga open.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini