World Superbike di Mandalika Berkah bagi Sektor Parekraf

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Sabtu 20 November 2021 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 20 320 2504736 world-superbike-di-mandalika-berkah-bagi-sektor-parekraf-DwuI1XdROP.jpg Dampak World Superbike Mandalika Bagi Pariwisata dan Ekonomi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Ajang balap motor internasional Superbike World Championship atau Kejuaraan Dunia Superbike 2021 (WSBK) berdampak signifikan bagi ekonomi lokal.

Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Odo RM Manuhutu mengatakan, penyelenggaraan WSBK di Mandalika diproyeksikan dapat memberikan multiplier effect.

Baca Juga: Balapan World Superbike Mandalika 2021 Digelar Hari Ini, MGPA Klaim Sirkuit Mandalika Telah Lolos Homologasi

“Diselenggarakannya WSBK 2021 di Mandalika sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas adalah momentum yang harus kita jaga dan jamin agar kebermanfaatannya dapat dirasakan secara nyata oleh seluruh lapisan masyarakat setempat khususnya bagi ekonomi lokal,” kata Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif KemenkoMarves Odo R.M Manuhutu melalui kererangan resmi, Sabtu (20/11/2021).

Pelaksanaan WSBK 2021 turut mengakselerasi pembangunan DPSP Mandalika yang mencakup aksesibilitas, atraksi dan amenitas.

Baca Juga: Tercepat Latihan Bebas World Superbike Mandalika 2021, Toprak Razgatlioglu Keluhkan Permukaan Sirkuit yang Berbatu

“Proyeksi kedatangan puluhan ribu partisipan dalam WSBK 2021 dalam tiga hari tentu akan memberikan multiplier effect (efek berganda) bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Mandalika,” paparnya.

Hal tersebut menjadi pemicu bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif lokal untuk memberikan kesan yang baik dan mendalam tentang Mandalika.

“Penyelenggaraan event tersebut tak terlepas dari peran BUMN. Pembangunan Pertamina Mandalika International Circuit dan penyelenggaraan WSBK merupakan hasil kerja bersama Pemerintah Pusat, dan seluruh stakeholder lainnya, termasuk sinergi antar BUMN antara lain ITDC, Aviata, PTPP, Pertamina, Himbara, dan BUMN-BUMN lainnya,” pungkasnya. Azhfar Muhammad

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini