Share

8 Keuntungan Jadi PNS, Dapat Uang Pensiun hingga Mudah Ngutang ke Bank

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Senin 22 November 2021 18:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 22 320 2505754 8-keuntungan-jadi-pns-dapat-uang-pensiun-hingga-mudah-ngutang-ke-bank-Z7h2Fq05rC.jpg 8 keuntungan jadi PNS (Foto: Okezone)

JAKARTA – 8 keuntungan jadi PNS yang bisa didapatkan. Adapun menjadi PNS merupakan impian bagi kebanyakan orang.

Di mana, setiap ada pembukaan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS), selalu saja ramai pendaftar. Bahkan ada yang sampai berkali-kali mendaftarkan diri setiap kali ada pembukaan seleksi CPNS namun tak kunjung diterima.

Dikutip dari berbagai sumber, Senin (22/11/2021), berikut delapan keuntungan menjadi PNS:

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Usul Jumlah PNS Dipangkas, Gaji Naik 3-4 Kali Lipat

1. Dapat Uang Pensiun

Bagi PNS yang nantinya telah pensiun, pemerintah akan tetap memberikan gaji bulanan dengan jumlah sesuai ketentuan. Pemberian uang pensiun juga akan terus diberikan kepada seorang istri bila suaminya yang seorang pensiunan PNS meninggal dunia.

2. Status

Ada anggapan yang masih banyak berkembang di masyarakat, bahwa mereka yang bekerja sebagai PNS adalah seseorang yang dianggap memiliki status sosial lebih baik. Sehingga mereka yang berprofesi sebagai PNS kerap kali akan lebih dihargai di lingkungan masyarakat sekitar.

Baca Juga: PNS yang Terlibat Kasus Mafia Tanah Bakal Dipecat

3. Penghasilan Tetap

Keuntungan lainnya menjadi PNS adalah penghasilan yang tetap. Berbeda dengan karyawan swasta yang penghasilannya ditentukan oleh kondisi industri dan performa perusahaan, penghasilan PNS cenderung stabil.

4. Tidak Kena PHK

Keuntungan menjadi PNS yang tidak kalah menarik adalah bebas dari kemungkinan pemutusan hubungan kerja (PHK). PNS bebas dari PHK karena perannya dalam melayani masyarakat akan terus dibutuhkan, terlepas dari krisis ekonomi apapun.

Beberapa situasi yang dapat membuat seorang PNS dicabut jabatannya adalah ketika ia melanggar aturan sampai berbuat tindak pidana.

Selain itu, pencabutan status PNS juga dilakukan apabila seorang PNS terjun ke bidang politik, seperti mengajukan diri sebagai kepala negara, kepala daerah, menjadi perwakilan DPR/DPD, atau bergabung partai politik.

5. Mudah Ajukan Pinjaman ke Bank

Surat Keputusan (SK) pengangkatan PNS ternyata bisa jadi ‘surat sakti’ untuk mendapatkan pinjaman uang dari bank. Di mana, seorang PNS cukup menggadaikan SK tersebut ke lembaga bank dan pinjaman tersebut pun akan dipotong dari gaji mereka per bulan. Tentunya biaya ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan mendesak, seperti keperluan sehari-hari hingga membayar sekolah anak.

6. Fasilitas Kendaraan dan Rumah Dinas

Keuntungan menjadi PNS yang menarik adalah kesempatan untuk mendapatkan fasilitas kendaraan dan rumah dinas. Fasilitas ini akan sangat memudahkan mobilitas dan kesejahteraan seseorang.

Namun, tentu saja tidak semua PNS mendapatkan fasilitas ini, hanya sebagian PNS saja yang berprestasi dan memiliki jabatan strategis.

7. Mudah Melanjutkan Pendidikan

Ketika gelar PNS diperoleh, kesempatan khusus untuk mendapatkan beasiswa dari dalam negeri ataupun luar negeri akan terbuka lebih lebar. Syarat terpenting untuk mendapatkan beasiswa khusus seperti ini adalah dengan bekerja pada posisi tersebut selama dua tahun dan mendapatkan izin dari pimpinan.

PNS juga memiliki kesempatan belajar lewat seminar, diklat atau acara pelatihan lainnya, dan pada keikutsertaan seperti ini bukan hanya akan ada tambahan ilmu yang diperoleh, tetapi akan ada fasilitas berupa uang transportasi yang diterima.

8. Mudah untuk Pindah Instansi atau Lokasi

Tanpa membuat surat mengundurkan diri, atau resign dari perusahaan, seorang PNS dapat mengajukan diri untuk melakukan pindah lokasi kerja.

Pengurusan dokumen yang cukup rumit dan banyak merupakan satu-satunya kendala. Namun hingga saat ini, pengurusan dokumen untuk pindah sudah menjadi hal yang umum.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini