BLT Subsidi Gaji Sudah Cair ke 467 Ribu Pekerja, Tahap 6 Selesai Akhir Desember

Zikra Mulia Irawati, Jurnalis · Rabu 24 November 2021 04:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 320 2506317 blt-subsidi-gaji-sudah-cair-ke-467-ribu-pekerja-tahap-6-selesai-akhir-desember-HrIRw0h5Vu.jpeg BLT subsidi gaji tahap 6 akan cair bulan ini (Foto: Okezone)

JAKARTA - Batas penyaluran BLT subsidi gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) Rp1 juta telah diumumkan. Mengikuti batas akhir tahun APBN 2021, bantuan ini selambat-lambatnya diterima para pekerja sebelum akhir Desember.

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta Disalurkan hingga Akhir Desember

"Sebelum akhir Desember sesuai batas akhir tahun anggaran APBN 2021," kata kata Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial (PHI dan Jamsos) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Indah Anggoro Putri kepada Okezone, Jakarta, Senin (22/11/2021).

BLT subsidi gaji tahap 6 dilaporkan telah diterima oleh 467 ribu pekerja dari target 1,6 juta pekerja. Penerima pada tahap ini merupakan dampak dari perluasan wilayah penerima yang semula hanya terbatas di daerah PPKM level 3 atau 4.

Dalam penyaluran bantuan ini, Pemerintah bekerja sama dengan himbara (Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN). Agar bantuan tidak kembali ke kas negara, pekerja/buruh harus segera melakukan aktivasi rekening sebelum 15 Desember 2021.

Pembukaan Rekening Kolektif

Pemerintah telah bekerja sama dengan Bank Himbara dan akan membuka rekening secara kolektif. “Pemerintah bekerja sama dengan bank Himbara BNI, BTN, BRI, dan Mandiri akan membuat rekening baru bank Himbara. Jadi, BSU mu akan ditransfer langsung ke rekening baru yang dibuatkan itu,” tulis akun Instagram Kementerian Ketenagakerjaan, Kamis (18/11/2021).

Aktivasi Rekening Hingga Bulan Depan

Pemerintah mengimbau kepada pekerja yang sudah terdaftar BSU untuk segera aktivasi akun rekening kolektif Bank Himbara. "Dana BSU bisa digunakan jika rekening baru tersebut sudah diaktivasi. Dan jangan lupa, aktivasi rekening baru tersebut paling lambat 15 Desember 2021. Kalau sampai lewat tanggal tersebut rekening baru belum diaktivasi, maka dana BSU akan dikembalikan ke kas negara,” tulis Kemnaker.

Baca selengkapnya: Batas Pencairan BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta, Jangan Sampai Kelewat Ya!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini