Dinobatkan sebagai Pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2021, Aminudi Raih Hadiah Rp1 Miliar

Yaomi Suhayatmi, Jurnalis · Rabu 01 Desember 2021 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 11 2510090 dinobatkan-sebagai-pemenang-wirausaha-muda-mandiri-2021-aminudi-raih-hadiah-rp1-miliar-HI6jIym3LJ.jpg Foto: Youtube Wirausaha Muda Mandiri 2021

Setelah melalui perjalanan cukup panjang dan penuh tantangan, akhirnya ajang bergengsi Wirausaha Muda Mandiri 2021 sampai pada puncaknya. Babak Grand Final Capital League Wirausaha Muda Mandiri 2021 yang sudah ditunggu-tunggu telah tiba dengan mendaulat Aminudi sebagai juara pertama atau Capital Champion.

Entrepeneur muda dari Depok ini berhasil menyisihkan para peserta lainnya yang pada 2021 ini total 5.450 pelaku usaha muda yang terdaftar sebagai peserta WMM. Dengan antusias para peserta dari berbagai kota dan daerah di Indonesia mengkuti ajang bergengsi yang terbagi dalam lima kategori yakni industri perdagangan dan jasa, boga, kreatif, sosial, dan teknologi ini. Proses seleksi peserta kompetisi WMM bertema Capital League, telah dimulai sejak September 2021 dengan melakukan uji proposal dan dokumen pendukung. Lalu kunjungan ke lokasi usaha, seleksi wilayah, serta presentasi di hadapan juri-juri pilihan di tingkat nasional.

 

Lima finalis Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2021 yang berhasil maju ke Grand Final WMM 2021, di antaranya Alamsyah (Fox Logger, kategori Teknologi dari Jakarta), Syamsuria Syamsuddin (Duta Samudera Indonesia (kategori Industri Perdagangan dan Jasa dari Makassar), Aminudi (Biomagg, kategori Sosial dari Depok), Syukriyatun Niamah (Robries, kategori Kreatif dari Surabaya), dan Raditya Bagaskara (Makjon, kategori Boga dari Yogyakarta).

Mereka beradu konsep bisnis terbaik di hadapan para juri di babak Meet The Judges dan juga Facing the Boss di Jakarta, Sabtu (27/11) dalam malam puncak Grand Final Capital League WMM 2021. Acara malam puncak Grand Final Capital League WMM 2021 yang disiarkan di RCTI itu juga dimeriahkan Lyodra Margareta Ginting dan Andmesh Kamaleng.

Finalis memperebutkan hadiah modal atau capital reward senilai Rp 2,5 miliar. Dalam babak Grand Final Capital League WMM 2021, para finalis membawakan presentasi bisnisnya dan menjawab pertanyaan dari dewan juri nasional di babak Facing The Boss, yaitu Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan M Lutfi, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Anggota Wantimpres Putri Kuswisnuwardani, dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi.

Setiap juri berperan sebagai calon investor dan langsung memberikan nilai investasinya kepada setiap finalis. Adapun total investasi maksimal yang bisa diperoleh finalis adalah Rp2,5 miliar. Investasi itu nantinya akan langsung dapat digunakan oleh finalis untuk pengembangan bisnis. Sehingga pemenangnya nanti adalah yang mengumpulkan nilai investasi terbesar.

 

Dalam Grand Final Capital League WMM 2021 terpilih tiga pemenang berdasarkan capital reward yang diberikan para dewan juri. Alamsyah (Fox Logger, kategori Teknologi dari Jakarta) dinobatkan sebagai pemenang ketiga WMM 2021 meraih hadiah Rp 197,400,000 pemenang kedua jatuh kepada Syukriyatun Ni'amah (Robries, kategori Kreatif dari Surabaya) dengan hadiah Rp 536,000,000 dan pemenang WMM 2021 atau capital champion diraih Aminudi (Biomagg, kategori Sosial dari Depok) dengan hadiah sebesar Rp 1,027,400,000.

Aminudi yang merupakan Chief Executive Officer Biomagg mengucapkan terima kasih kepada Bank Mandiri dengan penyelenggaraan perhelatan Wirausaha Muda Mandiri 2021. Kerja kerasnya selama 14 tahun di bidang pengolahan sampah berbuah manis. "Terima kasih kepada Bank Mandiri melalui perhelatan Wirausaha Muda Mandiri. Setelah 14 tahun mengabdikan diri di bidang pengolahan sampah, akhirnya bisa mendapatkan penghargaan WMM 2021. Saya siap untuk berkarya bagi Indonesia," jelas Aminudi penuh semangat.

Biomagg, merupakan bidang usaha yang bergerak di bidang pengelolaan sampah dengan teknologi biokonversi. Yakni proses penguraian sampah oraganik menggunakan lalat tentara hitam (Black Soldier Fly) untuk menghasilkan sumber protein terbarukan dan pupuk alami.

Salah satu hasil dari biokonversi ini adalah pupuk yang dihasilkan dari hasil uraian maggot lalat. Selain itu, bangkai lalat nantinya bisa dijadikan pakan ternak seperti burung, ayam, dan tambahan nutrisi untuk sapi dan kambing.

Nah, maggot lalat jenis ini dijamin tidak membawa penyakit dan bukan termasuk dalam golongan hama. Oleh karena itu, proses biokonversi ini juga aman dilakukan sendiri di rumah. Sistem Biomagg menghasilkan maggot atau belatung yang memiliki banyak manfaat. Maggot mampu mengurai sampah organik dengan cepat sekaligus mereduksi bau sampah organik.

Selain mendapatkan suntikan modal untuk pengembangan usaha, para pemenang juga akan memperoleh pembinaan dan pelatihan, perluasan koneksi bisnis, hingga kesempatan mempromosikan usaha hingga ke kancah internasional.

Nah, bagi Anda yang ingin menyaksikan perjalanan Capital League WMM 2021 dapat ditonton mulai 28 November 2021 di channel YouTube YouTube WMM. Untuk menambah informasi keseruan lainnya dengan follow @wrausahamandiri. Selamat kepada para pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2021. Sampai jumpa di Wirausaha Muda Mandiri 2022.

(CM)

(Wid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini