Share

4 Cara Hemat Uang, Pilih Barang yang Sudah Tak Terpakai

Erlinda Septiawati, Jurnalis · Sabtu 11 Desember 2021 22:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 10 622 2514783 4-cara-hemat-uang-pilih-barang-yang-sudah-tak-terpakai-X1qKnaSjvb.jpg Tips hidup hemat (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Kegiatan decluttering atau memilah barang dengan merapikan ruangan belakangan ini digunakan sebagai cara mudah untuk menghemat uang.

Meskipun terkesan menakutkan jika dikerjakan seluruh rumah yang penuh dengan barang-barang, Anda dapat menyisihkan waktu setiap hari dalam beberapa minggu.

Selain itu, bisa membuat rencana untuk merapikan satu laci atau satu area rumah per hari. Lakukan cara yang sama pada sudut ruangan di rumah.

Decluttering tidak hanya membuat rumah Anda terlihat lebih baik dan teratur, tetapi juga bisa menenangkan pikiran.

Berikut cara decluttering rumah yang dapat membantu untuk menghemat pengeluaran, seperti dilansir dari realsimple.com pada Sabtu (11/12/2021).

Baca Juga: Hitung-hitungan Sebelum Beli Mobil, dari Budget hingga Metode Pembayaran

1. Decluttering Menunjukkan Barang yang Telah Dimiliki

Salah satu manfaat dari decluttering adalah menemukan hal-hal yang Anda benar-benar lupa beli, tetapi masih bisa digunakan sekarang. Dengan cara ini, Anda tidak akan keluar dan membeli barang yang tidak dibutuhkan.

"Pembelian tidak akan lagi menebak-nebak, Anda akan membuat rencana untuk membeli barang hanya ketika Anda benar-benar membutuhkannya," kata Rashelle Isip, penyelenggara profesional yang berbasis di New York City.

Saat merapikan ruangan bisa menemukan uang tunai atau kartu hadiah yang disimpan di tempat yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Menggunakan apa yang Anda miliki dan menemukan kegunaan baru untuk barang lama adalah cara yang bagus menghemat uang dan menjaga ruang Anda tetap bersih.

Baca Juga: 7 Tips Liburan Hemat Bikin Kantong Anti Jebol

2. Dapat Membantu Lebih Sadar Kebiasaan Belanja

Membersihkan barang bisa membantu Anda lebih sadar akan kebiasaan belanja. Ingat belanja untuk kebutuhan.

"Anda mungkin memiliki lima turtleneck hitam yang identik karena Anda membeli satu lagi setiap kali Anda tidak dapat menemukan yang terakhir Anda beli," kata Lonie.

Dengan decluttering, Anda bisa membuat keputusan yang lebih baik saat berbelanja dan tidak berakhir dengan barang yang sama.

Decluttering juga dapat menunjukkan kebiasaan belanja sekaligus mencegah Anda membeli barang secara impulsif.

3. Hasilkan Uang dengan Menjual atau Menyumbangkan Barang

Barang-barang yang telah dikumpulkan bisa menghasilkan uang yakni menjual barang yang tidak terpakai.

Jika Anda menemukan barang yang jarang digunakan, coba jual di Marketplace maupun jaringan di antara teman dan keluarga. Kemudian, bisa disumbangkan untuk barang yang tidak lagi digunakan.

"Anda tidak hanya memberi kembali kepada yang kurang beruntung, tetapi Anda juga bisa mendapatkan penghapusan pajak untuk kontribusi Anda pastikan untuk mendapatkan tanda terima pada saat sumbangan Anda," kata Erica Seppala, analis keuangan.

4. Hemat Uang untuk Biaya Penyimpanan

Jika Anda memiliki barang yang disimpan di unit penyimpanan di suatu tempat, rencanakan kunjungan untuk merapikan ruang itu untuk melihat apakah ada sesuatu yang dapat disingkirkan. Hal tersebut, menjadi metode cara menghemat uang dengan menghilangkan biaya penyimpanan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini