Share

Indonesia Peringkat 5 di Dunia soal Vaksinasi Covid-19, Sri Mulyani: Lebih Besar dari Jepang-Rusia

Michelle Natalia, Jurnalis · Rabu 15 Desember 2021 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 15 320 2517409 indonesia-peringkat-5-di-dunia-soal-vaksinasi-covid-19-sri-mulyani-lebih-besar-dari-jepang-rusia-p3LBOHka1W.jpeg Menkeu Sri Mulyani sebut vaksinasi covid-19 Indonesia peringkat lima besar di dunia (Foto: Okezone)

JAKARTA – Vaksinasi covid-19 di Indonesia terus berjalan. Bahkan Indonesia masuk peringkat lima besar negara di dunia dalam sisi akses dan capaian vaksinasi covid-19.

"Indonesia telah menyuntikkan 251,24 juta dosis vaksin Covid-19 per 13 Desember 2021. Jumlah tersebut lebih besar dibandingkan dengan dosis vaksin yang sudah disuntikkan di negara-negara seperti Jepang, Meksiko, Rusia, dan Jerman," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Bisnis Indonesia Business Challenges (BIBC) secara virtual pada Rabu (15/12/2021).

Baca Juga: Erick Thohir: Kekuatan Besar Ingin Menghancurkan Dunia, Kita Butuh Avengers

Dia menyebutkan bahwa Indonesia termasuk negara yang masuk lima terbesar, tidak hanya soal akses namun juga jumlah yang divaksinasi.

"Ini untuk bisa mengejar 70% masyarakat kita sudah divaksinasi," kata Sri.

Baca Juga: Pemulihan Ekonomi Pasca-Pandemi, Sri Mulyani Waspadai Inflasi

Sambung dia mengatakan, hanya ada empat negara yang melebihi Indonesia pada aspek capaian vaksinasi, antara lain China dengan 2,6 miliar dosis, India dengan 1,3 miliar dosis, Amerika Serikat dengan 484 juta dosis, dan Brazil dengan 319 juta dosis.

"Ke depannya, vaksinasi akan terus didorong pelaksanaannya. Sejalan dengan itu, pemerintah sudah memulai vaksinasi pada anak-anak," ungkap Sri.

Dia menyampaikan bahwa vaksinasi yang menjadi salah satu upaya penanganan Covid-19 juga turut memengaruhi keuangan negara. Bahkan, keuangan negara telah didominasi oleh keperluan penanganan pandemi sejak 2020.

"Biaya yang dikeluarkan pemerintah sangat tinggi meskipun sudah mendapatkan bantuan seperti hibah penyediaan vaksin COVID-19 yang dikelola secara internasional," pungkas Sri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini