Share

Dikabarkan Akuisisi Bank Mayora, Ini Penjelasan BNI

Anggie Ariesta, Jurnalis · Selasa 21 Desember 2021 10:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 21 278 2520198 dikabarkan-akuisisi-bank-mayora-ini-penjelasan-bni-rEEQ9VMZUE.jpeg Bank BNI Dikabarkan Akuisisi Bank Mayora. (Foto: Okezone.com/BNI)

JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) mengungkapkan sedang memasuki tahap lebih serius mengakuisisi salah satu 'bank mini'. Berdasarkan kabar yang beredar, Bank Mayora disebut-sebut sebagai bank tujuan akuisisi BBNI.

Dalam penjelasan Perseroan di laman keterbukaan informasi BEI, dikutip Selasa (21/12/2021), Corporate Secretary BNI Mucharom menegaskan, perseroan saat ini tengah memasuki tahapan yang lebih serius untuk mengembangkan kapabilitas digital melalui strategi anorganik.

"Namun dengan memperhatikan prinsip governance, saat ini Perseroan belum dapat memberikan penjelasan maupun keterbukaan yang lebih mendalam terkait hal tersebut," tulis Mucharom.

Baca Juga: BNI Punya Kartu Debit Prioritas & Kartu Kredit untuk Pecinta Mobil Mewah, Ini Keunggulannya

Dia melanjutkan, dalam hal berdasarkan kesepakatan para pihak dan ketentuan yang berlaku Perseroan telah dapat melakukan keterbukaan, maka Perseroan akan melaksanakannya sesuai ketentuan yang berlaku.

Sebelumnya, Direktur Utama BNI, Royke Tumilaar mengungkapkan, saat ini perseroan dalam proses mengakuisisi bank. Royke mengungkapkan, nantinya bank ini akan fokus sebagai bank digital yang fokus menyasar segmen Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"Kami telah mencapai kesepakatan awal untuk akuisisi bank yang memiliki ekosistem bisnis kuat untuk dikembangkan menjadi bank digital," kata dia dalam konferensi pers, Senin (25/10/2021).

Baca Juga: BNI dan Shopee Buka Jalan Ekspor Bagi 10.000 UKM Indonesia

Royke menyatakan, nantinya BNI akan menjalin mitra strategis yang berpengalaman dalam pengembangan teknologi finansial. Pasalnya, teknologi menjadi elemen kunci dalam keberhasilan pengelolaan bank digital dan bisa menekan biaya operasional yang lebih murah ketimbang bank konvensional.

Sementara itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) turut menyambut baik rencana PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) untuk mengakuisisi 'bank mini' untuk dimasukkan menjadi bagian dari ekosistemnya. Namun demikian, OJK belum bisa mengonfirmasi bank mana yang akan dicaplok ini.

Anggota Dewan Komisioner sekaligus Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana mengatakan upaya akuisisi ini membantu konsolidasi perbankan yang selama ini didorong oleh OJK.

"BNI itu tanya Pak Royke deh, saya ga berani jawab sebelum Pak Royke umumkan," kata Heru dalam Launching Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan OJK, Selasa (26/10/2021).

"Tapi saya tentunya menyambut baik usaha dari BNI untuk itu tentu ya. Tentunya juga membantu konsolidasi saya sangat senang dan saya apresiasi usaha itu," imbuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini