Share

Pelindo Digabung, 20 Anak Perusahaan Gabung ke Sub Holding

Suparjo Ramalan, iNews · Selasa 21 Desember 2021 10:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 21 320 2520211 pelindo-digabung-20-anak-perusahaan-gabung-ke-sub-holding-nDNkWJQGTu.jpg Pelabuhan Indonesia Digabung. (Foto: Okezone.com/Pelindo)

JAKARTA - Pelindo I-IV telah dijadikan satu menjadi PT Pelindo Indonesia (Persero). Kemudian telah dilakukan pembentukan empat sub holding untuk mengelola bisnis inti perusahaan.

Masing-masing Sub-Holding ini juga menjadi induk bagi anak perusahaan eks Pelindo I-IV sesuai dengan lini bisnisnya. Empat sub-holding Pelindo yang telah dibentuk tersebut adalah PT Pelindo Terminal Petikemas guna melakukan pengelolaan klaster bisnis peti kemas, PT Pelindo Multi Terminal guna melakukan pengelolaan klaster bisnis non petikemas.

Baca Juga: Merger Pelindo, IPCC Garap 2 Terminal Kendaraan Tambahan

Selanjutnya, PT Pelindo Solusi Logistik guna melakukan pengelolaan klaster bisnis logistik dan pengembangan kawasan serta PT Pelindo Jasa Maritim guna melakukan pengelolaan klaster bisnis marine, peralatan, dan jasa kepelabuhanan lainnya.

“Langkah selanjutnya dari penggabungan Pelindo ini adalah aksi korporasi inbreng atau pengalihan saham milik Pelindo pada 20 anak perusahaan yang mengelola bisnis inti kepada Sub-Holding,” ujar Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo, Ali Mulyono, Selasa (21/12/2021).

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Penggabungan Pelindo I-IV Hari Ini

Hingga saat ini telah dilakukan pemberitahuan kepada pemegang saham minoritas, internal perusahaan dan publik, baik melalui kanal media internal Perusahaan maupun media massa pada Kamis, 2 Desember 2021. Target untuk pelaksanaan inbreng saham kepada Sub Holding yakni pada Januari 2022.

Manajemen menargetkan pada kuartal II 2022, bisnis inti perusahaan pada masing-masing Sub Holding telah tertata baik sehingga dapat terkonsolidasi sesuai klaster bisnisnya pada Sub Holding.

Adapun 20 anak perusahaan yang mengelola bisnis inti dan akan masuk ke dalam empat Sub-Holding Pelindo.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Untuk PT Pelindo Terminal Peti Kemas akan mengelola yakni PT Berlian Jasa Terminal Indonesia, PT IPC Terminal Petikemas, PT Kaltim Kariangau Terminal, PT Prima Multi Terminal, PT Prima Terminal Petikemas, PT Terminal Petikemas Surabaya, dan PT Terminal Teluk Lamong. Berikutnya, PT Pelindo Multi Terminal akan mengelola PT Pelabuhan Tanjung Priok dan PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk.

Selanjutnya PT Pelindo Solusi Logistik akan menjadi induk bagi PT Multi Terminal Indonesia, PT Nusantara Terminal Service, PT Prima Indonesia Logistik, PT Pengembang Pelabuhan Indonesia, dan PT Prima Pengembangan Kawasan.

Dan enam anak perusahaan terakhir, yakni PT Energi Pelabuhan Indonesia, PT Equiport Inti Indonesia, PT Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia, PT Pelindo Marine Service, PT Pengerukan Indonesia dan PT Jasa Armada Indonesia Tbk bergabung dalam Sub-Holding PT Pelindo Jasa Maritim.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini