Share

Siap-Siap! Gandeng Prabowo, 300 Ribu PNS Wajib Bela Negara Tahun Depan

Dita Angga R, Jurnalis · Selasa 21 Desember 2021 15:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 21 320 2520435 siap-siap-gandeng-prabowo-300-ribu-pns-wajib-bela-negara-tahun-depan-xNLPKvgZLV.jpg PNS Wajib Bela Negara (Foto: Setkab)

JAKARTA - 300.000 PNS baru diwajibkan untuk mengikuti pelatihan bela negara. Pelatihan bela negara akan dilakukan secara bertahap.

Fokus pelatihan bela negara untuk para PNS baru. Saat ini jumlah PNS sebanyak 4,1 juta.

β€œASN baru tahun depan kan ada 300 ribuan. Jadi bertahap tergantung anggarannya juga. Konsentrasi di ASN baru dulu saja,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo saat dihubungi, Selasa (21/12/2021).

Baca Juga: Jokowi: Semua Profesi Punya Kewajiban Bela Negara!

Β 

Terkait pelatihan bela negara bagi PNS ini sudah dibahas bersama dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Dia mengatakan bahwa pertemuan tersebut pada prinsipnya KemenPANRB dan Kemenhan mempersiapkan segala sesuatunya, sehingga tahun 2022 sudah dapat dimulai pelatihan dan pendidikan bela negara.

β€œ(Pelatihannya) kerjasama dengan Kemenhan. Tahun depan semoga dapat dipersiapkan bertahap,” katanya.

Tjahjo menilai bahwa bela negara merupakan suatu kewajiban bagi para ASN. Meskipun untuk menjadi Komponen Cadangan (komcad) hanya bersifat sukarela.

β€œBela negara menurut saya wajib tapi komponen cadangan bersifat sukarela. Ini yang saya pahami. Ini agar ASN ada disiplin ada peningkatan wawasan kebangsaan disamping kompetensi dan profesionalismenya,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini