Share

14 Bahan Terbaik untuk Meja Dapur, Cantik dan Awet Bund

Sevilla Nouval Evanda, Okezone · Sabtu 25 Desember 2021 17:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 25 470 2522498 14-bahan-terbaik-untuk-meja-dapur-cantik-dan-awet-bund-YHfY3u6k4i.jpg Meja dapur dengan bahan granit (Foto: Homedesignlover)

JAKARTA - Dapur adalah salah satu bagian dalam rumah yang paling sibuk. Kita pun harus mempersiapkan berbagai hal agar memasak dan makan bisa dilakukan dengan baik. Salah satu aspek penting untuk menunjang hal tersebut adalah meja dapur.

Beberapa jenis meja dapur akan ternoda dan tergores seringin waktu. Jika tidak, mereka akan rusak dan berubah warna, atau tidak tahan panas.

Berikut Okezone merangkum 14 jenis meja dapur yang dapat menjadi pilihan, seperti dikutip dari Homedesignlover, Sabtu (25/12/2021):

Baca Juga: 5 Tips Menata Dapur Cantik, Ingat Jangan Simpan Banyak Barang

1. Granit

Jenis ini biasa digunakan untuk dapur tradisional. Tampilannya memberi kesan berkelas. Lempengannya terbuat dari bahan alami yang unik dan masing-masing memiliki warna langka dan pola berbeda.

Meski tahan panas dan goresan, tepi dan sudutnya bisa pecah dan butuh banyak biaya bagi seorang profesional untuk memperbaikinya. Anda juga harus "menyegel" ulang meja ini secara berkala agar terhindar dari noda.

2. Kuarsa

Jika menginginkan yang minim perawatan, meja dapur kuarsa bisa menjadi pilihan. Ia tahan noda, asam, gores, panas, dan benturan. Kuarsa juga tidak perlu disegel ulang dan hadir dalam berbagai warna dan pola. Kuarsa sendiri adalah kombinasi dari mineral, warna, dan resin.

Jika menggunakan jenis ini, tak perlu ada kekhawatiran tentang panci panas, pisau bergerigi, dan berbagai noda. Meski begitu, sudutnya juga bisa pecah seperti granit. Dianjurkan untuk menggunakan tepi bulat.

Baca Juga: 5 Ide Penyimpanan Dapur Mirip Desain Restoran

3. Meja Laminasi

Meja dapur laminasi cukup populer karena harga yang terjangkau dan berbagai pola baru yang menyerupai batu alam, kayu, bahkan kuarsa. Tak cuma motif, pilihan warnanya juga cukup variatif dan trendi.

Jenis meja ini mudah dipasang, noda dan panas juga tidak akan merusaknya. Sayangnya, pemotongan yang dilakukan secara langsung bisa menimbulkan kerusakan permanen.

4. Meja Kayu

Meja ini sangat cocok untuk orang yang mengedepankan tampilan dapur. Selain dekoratif, meja kayu juga fungsional. Jika disegel dengan benar, meja kayu akan tampak bersih dan bisa digunakan untuk memotong daging.

Meja ini juga tahan panas dan modelnya bisa dicampur dengan jenis meja dapur lain. Meski bisa memberikan kehangatan pada ruangan, meja kayu butuh penyegelan yang tepat untuk menghindari kerusakan dan perkembangbiakan kuman karena permukaannya berpori.

5. Meja dengan Permukaan Padat

Bahan buatan ini biasanya terdiri dari kombinasi marmer, bauksit, akrilik, resin, dan pigmen epoxy atau polyester. Jenis meja ini juga paling sering digunakan untuk instalasi meja yang mulus.

Meja dapur ini tersedia dalam berbagai warna dan motif. Permukaannya juga tahan terhadap berbagai noda. Namun, mereka mudah tergores sehingga akan perlu diperbaiki.

6. Meja Ubin

Bahan ubin di meja adalah pilihan bagus, terlebih jika Anda ingin bahan murah yang mudah dirawat. Ubin juga bisa dengan mudah dicampur dan dicocokkan dengan berbagai gaya desain. Dapur akan terlihat lebih menarik dengan meja ini.

Selain bisa dipadukan dengan desain dan warna lain, ubin juga memberi tampilan elegan pada dapur. Mudah dibersihkan dan tahan panas. Namun, penggunaan ubin memungkinkan permukaan meja menjadi tidak rata dan rawan retak.

7. Meja Dapur Daur Ulang

Konsep ini sangat cocok untuk orang yang ramah lingkungan. Jenis ini termasuk beton, kaca, kertas, komposit, dan plastik. Meja daur ulang juga tersedia dalam berbagai warna dan tekstur.

Terlihat sangat unik dan tahan lama, meja ini juga mudah dirawat dan tahan terhadap noda, goresan, dan panas. Namun, meja ini juga bisa pecah jika ada benda berat yang diletakkan di atasnya. Meja ini juga tidak terlalu tahan lama.

8. Meja Dapur Beton

Bahan beton sangat mudah disesuaikan. Bahkan, Anda bisa memilih warna dan tekstur apa pun. Meja ini akan cocok dengan bahan berbeda, seperti kaca, ubin, dan marmer. Tak hanya itu, beton juga hemat energi karena menangkap panas dan melepaskan di suhu tertentu.

Meja dapur beton menciptakan tampilan yang mulus. Tersedia dalam berbagai warna, meja ini juga tahan noda, tahan panas, dan tahan lama. Namun, perawatan meja ini adalah disegel setiap tiga tahun. Ada kemungkinan retak dan harganya bisa sangat mahal.

9. Meja Stainless Steel

Bahan ini memberikan tampilan industri modern pada dapur. Permukaan logamnya terkoordinasi dengan berbagai warna dan terlihat bagus pada interior apa pun. Stainless steel juga mudah dibersihkan dan paling higienis karena menghambat penumpukan bakteri.

Baja ini juga tahan karat dan tahan terhadap hampir semua hal. Namun, bisa tergores atau penyok. Mereka juga cukup berisik saat Anda meletakkan barang-barang di atasnya.

10. Meja Kaca

Selain tampilannya yang ramping, meja kaca juga bisa dipotong menjadi bentuk apa pun dan tersedia dalam berbagai pilihan tekstur dan warna. Mereka mudah dibersihkan dan tahan noda, bahannya juga higienis. Apalagi, bahannya juga cukup trendi.

Meja kaca tahan lama dan tidak mudah pecah. Namun, mereka juga bisa retak bila diletakkan benda yang sangat berat di atasnya.

11. Meja Marmer

Pola abu-abu di marmer tidak hanya bagus secara estetika, ini juga membantu menyamarkan keausan dan noda ringan. Bahan ini juga memberikan nuansa berkelas, apa pun tampilan tata letaknya.

Marmer akan bagus karena suhunya yang sejuk. Terlebih, jika Anda bekerja dengan pastry. Bahan ini banyak dijual dan mudah dibersihkan. Meski begitu, menumpahkan bahan asam seperti lemon bisa menyebabkan noda atau goresan.

12. Meja Soapstone (Batu Alam)

Jenis ini tidak berpori dan tersedia dalam berbagai warna abu-abu, terang hingga gelap. Mereka juga punya pola halus. Jenis meja ini tak perlu disegel, hanya butuh diminyaki untuk penampilan terbaik.

Batu alam ini tak akan retak secara tiba-tiba karena beban atau tekanan. Namun, karena jenisnya yang lebih lembut, mereka lebih lemah dan perlu diperhatikan untuk tidak memotongnya secara langsung atau meletakkan benda berat di atasnya.

13. Meja Dapur Kapur

Meja ini belakangan digandrungi karena kemiripannya dengan marmer yang mahal. Keindahannya bisa menampilkan dapur elegan yang ramping. Hal ini juga membuatnya banyak dicari.

Batu kapur bisa digunakan dalam berbagai desain interior apa pun di dapur. namun, mereka cenderung mudah tergores dan menghitam. Jadi, perlu kehati-hatian untuk meletakkan panci panas di atasnya.

14. Meja Travertine

Tampilan mewahnya yang canggih dan kemiripannya dengan marmer membuat Travertine menjadi sangat populer. Mereka memerlukan lebih banyak perawatan. Meski begitu, ini adalah salah satu bahan terindah yang mengundang suasana hangat ke gaya desain dapur apa pun.

Travertine adalah batu alam ekonomis dan ramah lingkungan yang tersedia dalam berbagai warna. Tak hanya tahan node, mereka juga tahan panas. Namun, bahan ini sangat reaktif terhadap pelarut asam dan bisa menghitam. Perlu produk khusus untuk merawatnya.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini