Share

Periskop 2022: Daftar Proyek Infrastruktur yang Siap Pamer, dari LRT hingga Kereta Cepat

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Kamis 06 Januari 2022 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 05 320 2527771 periskop-2022-daftar-proyek-infrastruktur-yang-siap-pamer-dari-lrt-hingga-kereta-cepat-33sPlIsDkS.jpg Proyek LRT Jabodebek Rampung Tahun Ini. (Foto: Okezone.com/Ditjen Perkeretaapian)

JAKARTA – Pemerintah menargetkan pembangunan sejumlah proyek infrastruktur selesai di tahun ini. Hal ini dilakukan untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Adapun proyek tersebut meliputi bendungan hingga ratusan kilometer jalan tol. Kementerian PUPR mengungkapkan, bahwa ada sembilan bendungan yang ditargetkan selesai di 2022, yakni Bendungan Ciawi, Sukamahi, Marga Tiga, Sadawarna, Lolak, Semantok, Tamblang, Beringin Sila, dan Kuwil Kawangkoan.

Kementerian PUPR juga menambahkan pembangunan jalan tol sepanjang 421 kilometer. Adapun di antaranya, yaitu Seksi 1 Simpang Indralaya-Muara Enim sepanjang 64 kilometer, dan Seksi 2 Semarang-Demak sepanjang 16 kilometer. Kemudian, Seksi 2 Ciawi-Sukabumi sepanjang 12 kilometer juga akan dirampungkan pada 2022.

Baca Juga: Realisasi Belanja Infrastruktur Capai Rp143,29 Triliun di 2021

“Pada 2022 beberapa proyek strategis akan dimulai pembangunannya, antara lain enam bendungan baru, yakni Bendungan Cijurey dan Cibeet di Jawa Barat, Kedunglanggar di Jawa Tengah, dan Kolhua di NTT,” kata Herry Trisaputra Zuna, Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR, di Jakarta.

Sementara itu, Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) menargetkan 29 proyek strategis nasional (PSN) bisa rampung di tahun 2022.

“Kami sudah perhitungkan dengan anggaran yang teralokasikan dan juga masalah di lapangan, kami optimis 29 proyek selesai,” kata Ketua Tim Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo saat konferensi pers KPPIP.

Baca Juga: Kaleidoskop 2021: Daftar Infrastruktur yang Terbangun Sepanjang 2021

Diketahui, target optimis itu didorong oleh progres pengerjaan PSN saat ini. Namun, dalam kesempatan tersebut Wahyu belum menyebutkan secara rinci daftar PSN yang diprediksi akan selesai.

Mengutip berbagai sumber, Selasa (4/1/2022), selama periode Januari 2020 sampai November 2021, terdapat 32 PSN yang berhasil diselesaikan senilai Rp158,8 triliun.

Selain itu, KPPIP mengharapkan masih ada tambahan 8 proyek senilai Rp94,3 triliun yang rampung. Sehingga, total proyek yang berhasil diselesaikan selama 2020-2021 diperkirakan sebanyak 40 PSN senilai Rp253,1 triliun.

KPPIP terus melakukan evaluasi terkait pengerjaan PSN. Pasalnya, beberapa PSN telah dikerjakan pada tahun-tahun sebelummya sehingga harus diselesaikan.

Kemudian, KPPIP juga akan menggenjot program prioritas seperti pos lintas batas negara. Di mana setelah pembangunan, perlu ada pengembangan ekonomi di daerah perbatasan tersebut.

"Kita sedang menyiapkan ada 2-3 pilot project untuk membangun ekonomi di perbatasan," terang Wahyu.

Sebagai informasi, total terdapat 208 proyek dan 10 program dalam PSN. Hingga November 2021, pemerintah telah menyelesaikan 124 proyek dalam PSN.

Di tahun ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menargetkan pengerjaan proyek kerta cepat ringan (LRT) Jabodebek rampung. Adapun pengerjaan proyek LRT Jabodebek Tahap I secara keseluruhan telah mencapai 88,18%.

Secara rinci, progres pembangunan lintas pelayanan I Cawang-Cibubur sebesar 93,96%, lintas pelayanan II Cawang-Dukuh Atas sebesar 88,31%, lintas pelayanan III Cawang-Bekasi Timur sebesar 92,57%, serta pembangunan Depo yang telah mencapai 59,89%.

Hingga saat ini, progres LRT dengan total 31 trainset atau rangkaian LRT Jabodebek telah melalui Factory Acceptance Test (FAT).

“Kami targetkan proyek LRT akan beroperasi di Agustus 2022,” ujar Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Prasarana LRT Jabodebek, Ferdian Suryo Adhi Pramono, dalam Press Conference di Depo LRT Jabodetabek.

Di sisi lain, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) masih fokus pada pengerjaan konstruksi proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Adapun hingga saat ini, progress pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah mencapai 79%. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini