Share

Ini Daerah dengan Cadangan Batu Bara Terbesar di RI

Andin Danaryati, Jurnalis · Jum'at 07 Januari 2022 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 07 320 2528615 ini-daerah-dengan-cadangan-batu-bara-terbesar-di-ri-SMtLvNVYVl.jpg RI Krisis Batu Bara. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Larangan ekspor batu bara di awal tahun 2022 menuai protes dari kalangan pengusaha, karena potensi kerugian yang akan mereka terima. Kebijakan ini dikeluarkan pemerintah karena persediaan batu bara untuk kebutuhan listrik nasional yang sangat rendah.

Berdasarkan data Litbang MPI, jika pemerintah tidak menahan laju ekspor batu bara, kurangnya stok dalam negeri akan berdampak kepada lebih dari 10 juta pelanggan PT PLN (Persero).

Baca Juga: Krisis Batu Bara, Berapa Cadangan yang Masih Tersisa di Indonesia?

Pada tahun 2020, Indonesia merupakan produsen batu bara terbesar di dunia setelah China dan India. Menurut situs resmi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, batu bara merupakan salah satu potensi tambang terbesar di Indonesia. Cadangan batu bara Indonesia mencapai 26,2 miliar ton dan tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Selain itu, negara ini juga masih memiliki sumber daya batu bara sebesar 143,7 miliar ton.

Kalimantan tercatat sebagai wilayah yang menyimpan cadangan batu bara terbesar, yaitu sebanyak 62,1% dari total potensi cadangan sumber daya batu bara Indonesia, atau sekitar 14,9 miliar ton. Cadangan batu bara terbanyak kemudian disusul oleh Pulau Sumatera, yang memiliki 11,2 miliar ton sumber daya batu bara. Melansir berbagai sumber, berikut adalah provinsi Indonesia yang paling banyak memiliki cadangan batu bara.

Baca Juga: 10 Negara Tujuan Ekspor Batu Bara Indonesia, Terbesar ke China

• Kalimantan Timur

Daerah ini memiliki sumber daya batu bara sebesar 59,69 miliar ton, atau sebanyak 41,5% dari total sumber daya batu bara yang ada di Indonesia. Jumlah cadangannya sendiri tidak kalah banyak, dengan besaran 41,4%, total cadangan batu bara yang ada di provinsi ini mencapai 16,07 miliar ton.

• Sumatera Selatan

Persentase sumber daya batu bara yang dimiliki oleh daerah ini mencapai 30,5% atau setara dengan 43,85 miliar ton. Dengan jumlah cadangan mencapai 9,51 miliar ton atau 24,5% dari total cadangan nasional.

• Kalimantan Selatan

Dengan total sumber daya mencapai 13,22 miliar ton, provinsi ini memegang 9,19% sumber daya batu bara di Indonesia. Sementara itu, cadangan batu bara yang dimiliki provinsi Kalimantan Selatan mencapai 4,21 miliar ton atau sekitar 10,8%.

• Kalimantan Tengah

Sumber daya dan cadangan sumber daya provinsi ini tidak berbeda jauh dari provinsi Kalimantan Selatan. Kalimantan Tengah memiliki 7,8% bagian dari sumber daya batu bara di Indonesia dengan jumlah 11,25 miliar ton. Untuk cadangan sumber daya, provinsi ini memiliki 10,1% dari keseluruhan cadangan di Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini