Share

Deretan Pengusaha Kakap di Bisnis Batu Bara

Athika Rahma, Jurnalis · Jum'at 07 Januari 2022 13:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 07 320 2528781 deretan-pengusaha-kakap-di-bisnis-batu-bara-UbIa7QMW9f.jpg Pengusaha Batu Bara terdampak Larangan Ekspor. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah memutuskan melarang sementara ekspor batu bara hingga 31 Januari. Hal tersebut karena krisis pasokan batu bara di dalam negeri.

Dampak larangan ini dirasakan oleh para orang kaya Indonesia yang mengandalkan bisnis batubara sebagai sumber kekayaannya.

Siapa saja mereka? Berikut rangkumannya:

1. Luhut Binsar Pandjaitan

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dikenal memiliki perusahaan batubara, PT Toba Bara Sejahtera Tbk (TOBA) yang berganti nama jadi TBS Energi Utama. Luhut diketahui berafiliasi dengan perusahaan ini, meskipun dirinya mengaku sudah menjual saham miliknya dan fokus bekerja di pemerintahan.

Baca Juga: RI Krisis Batu Bara dan Terjadi Pemadaman Listrik, Erick Thohir: Ini Bahaya

TOBA diketahui sebagai produsen batubara berkalori tinggi dengan kapitalisasi pasar Rp2,85 triliun. Perusahaan ini menggarap beberapa konsesi tambang batubara melalui anak usahanya seperti PT Indomining, PT Adimitra Baratama Nusantara, dan PT Trisensa Mineral Utama. Selain itu, TOBA juga menggarap proyek di sektor perkebunan kelapa sawit dan bisnis pembangkit listrik.

2. Pandu Sjahrir

Pandu adalah pengusaha batubara ternama yang menjabat sebagai Wakil Direktur Utama TOBA. Dirinya adalah keponakan dari Luhut. Dirinya juga menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI).

Baca Juga: Evaluasi DMO Batu Bara, Ini Penjelasan Kementerian ESDM

3. Garibaldi Thohir atau Boy Thohir

Kakak dari Menteri BUMN Erick Thohir ini dikenal sebagai pemiliki PT Adaro Energy. Dirinya adalah Presiden Direktur Adaro yang memiliki saham 6,18% di perusahaannya. Forbes mencatat, Garibaldi berada di urutan ke-17 orang terkaya Indonesia dengan harga USD 2,6 miliar.

4. Low Tuck Kwong

Pendiri Bayan Resources ini tercatat memiliki saham perusahaan sebesar 55,17%. Dirinya tercatat sebagai orang terkaya ke-18 di Indonesia versi Forbes dengan kekayaan USD 2,6 miliar.

5. Arsjad Rasjid

Arsjad yang juga menjabat sebagai Ketua Umum KADIN Indonesia merupakan Direktur Utama PT Indika Energy. Dirinya memiliki 0,02% saham di sana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini