Share

Simak Ya! 10 Tips Dekorasi Kamar Tidur agar Terlihat Nyaman

Erlinda Septiawati, Jurnalis · Sabtu 08 Januari 2022 20:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 08 470 2529159 simak-ya-10-tips-dekorasi-kamar-tidur-agar-terlihat-nyaman-UupfGb9FSg.png Kamar Tidur (Foto: Home Design Lover)

JAKARTA – Intip 10 tips dekorasi interior untuk kamar tidur. Kamar tidur merupakan tempat pribadi di mana Anda bersantai maupun beristirahat melepas penat.

Dalam memiliki kamar tidur tentu memerlukan kenyamanan, sering kali dianggap sebagai tempat paling favorit di rumah. Sebab, hampir sebagian besar waktu dihabiskan di kamar tidur.

Selain terdapat tempat tidur, dibutuhkan juga perabotan seperti meja dan lemari. Beberapa kamar tidur bahkan memiliki teras atau balkon yang terhubung sebagai tempat menghirup udara segar dan melihat pemandangan rerumputan hijau.

Baca Juga: 5 Ide Rombak Kamar Tidur Anti Gagal

Kamar tidur bisa membantu mengurangi stres dan meningkatkan peluang relaksasi. Berikut 10 tips dekorasi interior untuk kamar tidur agar membuat Anda lebih nyaman, melansir dari Homedesignlover, Jakarta, Sabtu (8/1/2022):

1. Memilih Warna

 

Pilihlah warna kamar tidur yang tepat yaitu warna netral, warna hangat, warna tanah dan warna pastel. Warna tersebut digunakan pada dinding, langit-langit, dan furniture. Hindari pemakaian warna cerah karena hal ini tidak akan merangsang Anda untuk tidur. Pastikan juga warna furniture dan lainnya saling melengkapi.

 

2. Menentukan Tempat Tidur

Tentukan tempat tidur dengan memilih ukuran yang tepat. Artinya, tidak terlalu besar maupun tidak terlalu kecil. Selain itu, pilihlah kasur yang bagus, nyaman dan cocok sehingga Anda juga bisa memiliki mimpi yang indah.

3. Memilih Dekorasi Dinding

 

Beberapa orang memilih untuk menggunakan wallpaper atau mengecatnya secara artistik dengan tekstur yang unik. Tetapi ada pula yang hanya mengecatnya dengan warna-warna hangat atau polos dan menempatkan lukisan berbingkai indah.

 

4. Pilihan Bahan Lantai

Alih-alih menggunakan lantai dingin seperti ubin keramik, marmer atau granit, gunakan lantai laminasi, kayu, atau karpet. Tidak disarankan menggunakan ubin keramik karena membuat lantai menjadi dingin. Namun, jika sudah memiliki lantai yang dingin, letakkan permadani atau karpet di dekat tempat tidur Anda.

5. Pertimbangkan Lalu Lintas Kamar

Penting memiliki lalu lintas yang baik di dalam kamar tidur. Penataan furnitur sangat mempengaruhi lalu lintas di kamar tidur. Anda harus mengizinkan setidaknya 24 inci untuk jalur lalu lintas. Bersihkan jalan menuju kamar mandi agar Anda tidak tersandung pada apapun saat melakukan perjalanan larut malam ke arah itu.


6. Pilih Warna dan Desain untuk Area Kain

Saat memilih bedcover dan gorden, pastikan akan terlihat bagus di dalam ruangan. Pertimbangkan warna kamar Anda, bisa memilih kain yang lebih gelap jika ruangan terang dan kain yang lebih terang jika ruangan gelap. Lalu, carilah desain yang sesuai dengan konsep ruangan.

7. Warna untuk Gorden

 

Tirai gelap terlihat bagus terutama jika dinding berwarna terang. Namun jika dinding Anda berwarna gelap, maka gunakan gorden berwarna terang. Pertimbangkan juga kontras dalam memilih warna untuk tirai, mungkin ingin menggunakan tirai dengan dua lapisan.

8. Gunakan Penerangan

Dibandingkan lampu di tengah langit-langit, bisa gunakan kap lampu, lampu atas, dan lampu pin. Menggunakan jenis pencahayaan ini akan memberikan suasana hati yang baik untuk ruangan. Bahkan akan lebih mudah bagi Anda untuk beristirahat dengan suasana itu.

 

9. Memiliki Ruang Penyimpanan

Dianjurkan untuk memiliki lemari ekstra sehingga memastikan barang-barang disimpan dengan baik. Bijaklah dalam menempatkannya agar menghemat tempat. Kamar tidur harus diatur dengan baik, rapi dan bebas dari kekacauan. Memiliki ruang penyimpanan yang cukup akan membantu Anda menghindari kekacauan.

10. Mengatur Ventilasi

Ventilasi sangat penting untuk mengatur suhu agar tidak tinggal di tempat yang terlalu panas atau dingin. Jika Anda ingin udara segar dan sejuk di dalam kamar, gunakan kipas angin. Letakkan di langit-langit atau dinding yang terjauh dari jendela atau memiliki jendela kaca lebar, memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini