Share

Pengusaha Sumringah Ekspor Batu Bara Dibuka Besok

Athika Rahma, Jurnalis · Selasa 11 Januari 2022 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 11 320 2530506 pengusaha-sumringah-ekspor-batu-bara-dibuka-besok-48LtouSEsC.jpg Ekspor Batu Bara Dihentikan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah mencabut larangan ekspor batu bara. Ekspor batu bara pun bisa mulai dilakukan Rabu 12 Januari 2022.

Keputusan ini pun disambut para pengusaha batu bara. Mereka senang karena akhirnya keran ekspor batu bara perlahan dibuka.

Baca Juga: Dilema Kejar EBT tapi Masih Butuh Batu Bara, Bagaimana Nih?

"Kami tentunya menyambut baik keputusan dari pemerintah," ujar Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) Hendra Sinadia kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (11/1/2022).

Hendra mengatakan, berdasarkan informasi yang didapatnya, kebutuhan bat ubara PLN untuk bulan Januari sudah terpenuhi.

"Dan nanti akan dicari solusi untuk masalah pengangkutannya," kata Hendra.

Baca Juga: Menko Luhut: Suplai Batu Bara untuk PLN Sudah Lebih Baik

Dia menegaskan, anggota APBI siap membantu pemerintah dalam menanggulangi kelangkaan pasokan batubara baik saat ini maupun di kemudian hari.

Senada dengan Hendra, Ketua Umum Asosiasi Pemasok Energi dan Batubara Indonesia (Aspebindo) Anggawira juga menyambut positif kabar ini. Beberapa perusahaan di bawah naungan Aspebindo juga sudah melakukan ekspor. Perusahaan ini sudah memenuhi kewajiban Domestic Market Obligation (DMO) batu bara.

"Ada 3-4 perusahaan (yang sudah melakukan ekspor)," katanya.

Adapun, untuk solusi jangka pendek dalam memenuhi kebutuhan Hari Operasi (HOP) PLTU PLN dan IPP pada bulan Januari, pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan dan intervensi untuk memenuhi alokasi pasokan dan ketersediaan transportasi untuk mencapai HOP minimal 15 hari dan HOP minimal 20 hari untuk PLTU yang kritis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini