Share

Menko Luhut: Suplai Batu Bara untuk PLN Sudah Lebih Baik

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Selasa 11 Januari 2022 09:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 11 320 2530322 menko-luhut-suplai-batu-bara-untuk-pln-sudah-lebih-baik-pHomNpxFCA.jpg Ekspor Batu Bara Diizinkan. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa stok cadangan batu bara di Indonesia sudah berangsur meningkat.

Menko Luhut mengatakan, sebanyak 14 kapal pengangkut batu bara sudah memiliki izin dan tengah dilakukan verifikasi untuk segera berlayar meluncurkan ekspor ke negara tujuan mulai hari ini.

Baca Juga: Menko Luhut Tegaskan PLN Siap Beli Batu Bara dengan Harga Pasar

“Per hari ini, melihat kondisi suplai PLN yang sudah jauh lebih baik, untuk 14 kapal yang sudah memiliki muatan penuh batu bara, dan sudah dibayar oleh pihak pembeli, agar segera di release untuk bisa ekspor,” kata Menko Luhut dalam keterangan resmi yang diterima MPI, Selasa (11/5/2022).

Menko Luhut menegaskan untuk Jumlah kapal yang mengangkut pasokan batu bara terus dilakukan verifikasi oleh Ditjen Minerba dan Ditjen Perhubungan Laut (Hubla) dan akan terus dievaluasi dalam beberapa pekan ke depan.

Baca Juga: Skema Baru Pengadaan Batu Bara Bikin Tarif Listrik Naik? Begini Penjelasan Luhut

“Bakamla juga perlu melakukan pengawasan supaya jangan sampai ada kapal yang keluar diluar list yang sudah diverifikasi oleh Ditjen Minerba dan Hubla,” urainya.

Menurut Luhut, meski sejumlah kapal yang siap mengangkut batu bara dan diberangkatkan mulai hari ini (11/1) Pemerintah akan mengevaluasi kembali untuk pembukaan ekspor pada hari Rabu esok (12/1/2022).

Dia mengatakan terdapat beberapa hal yang perlu dipelajari oleh tim lintas Kementerian dan lembaga (Kemendag, Kemenko Marves, Kemen ESDM, dan PLN) untuk diputuskan sebelum ekspor dibuka.

“Hal tersebut berkaitan dengan Bagaimana mekanisme ekspor ini akan dibuka terkait pemenuhan DMO, Bagaimana ekspor untuk perusahaan batubara yang tidak memiliki kontrak dengan PLN atau yang spesifikasi batubaranya tidak dibutuhkan PLN? Sehingga pada hari Rabu, jika pembukaan ekspor diputuskan, tetap akan dilakukan secara gradual,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini