Share

2 Tahun Pandemi Jadi Jeda RI ke Luar dari Negara Berkembang

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Selasa 11 Januari 2022 15:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 11 320 2530561 2-tahun-pandemi-jadi-jeda-ri-ke-luar-dari-negara-berkembang-OR1BKLMhSV.jpg Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut pandemi Covid-19 yang telah berjalan hampir dua tahun menyebabkan Indonesia terhambat mengejar target terlepas dari negera berkembang.

“Pandemi yang telah berjalan hampir 2 tahun belakangan ini menyebabkan adanya jeda dari kecepatan Indonesia mengejar target tersebut (negara berkembang) sehingga ekonomi Indonesia harus tumbuh dengan rata-rata tahunan sebesar 6% secara tahunan hingga 2045 untuk mencapai target Indonesia maju,” kata Menko Luhut Binsar dalam diskusi Publik PPK Kosgoro 1957 secara virtual, Selasa (11/1/2022).

Baca Juga: Jamin Sistem Kesehatan RI Siap Hadapi Varian Omicron, Luhut: Jangan Cari Kekurangan Sana-sini

Menurutnya, Pandemi telah banyak mengajarkan Indonesia untuk dapat mengubah pola pikir dan perilaku semua pihak untuk tidak bergantung pada negara manapun.

“Tentunya, hal ini tidak akan mungkin tanpa upaya kuat untuk melakukan industrialisasi yang dapat mengurangi ketergantungan kita terhadap komoditas, sehingga membentuk ekonomi Indonesia yang lebih kompleks dan tangguh,” urainya.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Kritik soal Karantina, Ini Jawaban Menohok Luhut

Sebelumnya, Menko Luhut Indonesia bercita-cita lepas dari statusnya sebagai negara berkembang, dan menjadi negara maju pada tahun 2045.

“Apa yang kita capai hari ini merupakan lompatan besar bagi negara ini atas arahan langsung Presiden kita yang benar-benar menginginkan negara ini maju begitu pesat kedepanya,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini