Share

Kaget Ada Industri Batu Bara di Kawasan Candi Muarajambi, Luhut: Izinnya Dicabut!

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Kamis 20 Januari 2022 10:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 20 320 2534963 kaget-ada-industri-batu-bara-di-kawasan-candi-muarajambi-luhut-izinnya-dicabut-E9axudIglD.jpg Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan. (Foto: Okezone.com/Kemenko Marves)

JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan sejumlah persoalan industri yaitu penumpukan (stockpile) atau adanya kegiatan batu bara di Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Muarajambi. Luhut pun menegaskan bahwa kegiatan tersebut dilarang.

"Ini (industri batu bara) enggak boleh ada di kawasan bersejarah, jadi nanti izinnya bisa dicabut. Ini tidak boleh ditoleransi," kata Menko Luhut dikutip dari pernyataan virtual, Kamis (20/1/2022).

Baca Juga: Luhut Mau Buat BLU Batu Bara, Erick Thohir dan PLN Setuju?

Menko Luhut, industri penumpukan batu bara di kawasan KCBN harus segera dipindahkan. Pasalnya, KCBN Muarajambi akan dijadikan destinasi berkualitas.

"Kayak mana caranya, pokoknya pindahin itu stockpile batu bara. Dua tiga bulan ini harus selesai," ujar Luhut.

Baca Juga: Hak Jawab: Tan Paulin Pertanyakan Disebut 'Ratu' Batu Bara oleh Anggota DPR

Menko Luhut telah mengutus deputinya untuk memimpin rapat lanjutan guna menjermahkan satu program. Akan ada sekitar 10 lintas sektoral kementerian dan instansi yang akan terlibat dalam pengembangan kawasan percandian Muarajambi, termasuk mengatasi persoalan industri di kawasan itu.

"Yang pertama kita akan minta untuk memindahkan semua stockpile batu bara di kawasan itu. Jangan ada lagi karena kawasan Muarajambi," pungkasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini