Share

Tips Kelola Keuangan Milenial, Kendalikan Gaya Hidup Sesuai Kemampuan

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Kamis 27 Januari 2022 10:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 622 2538540 tips-kelola-keuangan-milenial-kendalikan-gaya-hidup-sesuai-kemampuan-tOfbS2rJGk.jpg Tips mengelola keuangan untuk kalangan milenial (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kemampuan mengelola keuangan harus dimiliki agar pengeluaran dan pemasukan seimbang. Perencana Keuangan OneShildt Financial Independence Agustina Fitria mengatakan, kaum milenial yang baru mulai mendapatkan penghasilan sendiri justru lebih penting untuk melakukan perencanaan keuangan dengan cerdas.

"Memang mungkin mereka belum memiliki tanggungan, namun mereka harus punya uang lebih untuk mempersiapkan masa depannya, suatu saatkan punya keluarga sendiri dan punya rumah sendiri," ujarnya kepada MNC Portal, Rabu (26/1/2022).

Baca Juga: 6 Resolusi Keuangan 2022, Bebas Utang hingga Siapkan Masa Pensiun

Agustina berpesan untuk generasi milenial yang memiliki sifat konsumtif jangan sampai menuruti nafsu komsumsinya dengan mengandalkan pinjaman kredit atau ngutang.

"Jadi kendalikan gaya hidup sesuai dengan kemampuan, jadi kalau tidak mampu bayar cash yasudah jangan beli," sambungnya.

Baca Juga: Pentingnya Kelola Keuangan bagi Perempuan, Wajib Dimulai

Menurutnya dana yang dikeluarkan untuk kebutuhan konsumtif tersebut lebih baik dialokasikan untuk mebelikan produk-produk investasi agar uang keluar tidak habis dengan yang sifatnya sekali pakai.

"Saat ini kan banyak instrumen investasi tanpa minimal pembelian, jadi harus belajar minimal untuk investasi yang rendah risiko," tutur Agustina.

"Untuk kaum mudah memang harus membenahi keuangan, misal bisa Investasi, mempersiapkan dana darurat dengan menyisihkan pemasukan sebelum dijajankan," sambungnya.

Hal tersebut bisa dilakukan salah satunya dengan mengendalikan gaya hidup sesuai kemampuan dengan memperhitungkan pemasukan setiap bulan.

"Jadi ketika gajian itu disisihkan dulu, jangan terburu buru dijajankan dan tidak ada yang disimpan," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini