Share

Para Ibu Hamil, Simak Tips Kelola Keuangan Sebelum dan Sesudah Melahirkan

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Selasa 01 Februari 2022 19:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 01 622 2540940 para-ibu-hamil-simak-tips-kelola-keuangan-sebelum-dan-sesudah-melahirkan-I88XBXnLC6.jpeg Tips Kelola Keuangan bagi Ibu Hamil (Foto: Freepik)

JAKARTA – Menanti kelahiran si buah hati tentu menjadi kebahagiaan tersendiri. Segala persiapan pun dilakukan mulai dari mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh sang calon Ibu semasa kehamilan hingga biaya pasca melahirkan.

Hal ini tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Adapun menyiapkan kelahiran juga memerlukan persiapan finansial yang cukup banyak.

Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini mengatakan, ketika pasangan memiliki anak, maka ada tiga kategori biaya yang harus dipersiapkan. Adapun pos-pos biaya tersebut yaitu pra-kelahiran, kelahiran, dan pasca kelahiran.

“Ketika seseorang atau pasangan memiliki anak, menjelang kelahiran, maka kategori biayanya itu ada pra-kelahiran, saat kelahiran, dan pasca-kelahiran. Ini pendekatannya berbeda-beda, ya,” katanya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Jakarta, Rabu (1/2/2022).

Baca Juga: Peneliti Sebut Bayi dari Ibu Positif Covid-19 Berpotensi Tinggi Defisit Perkembangan Saraf

Mike menjelaskan, tiga kategori biaya tersebut memiliki pendekatan yang berbeda. Sebagai contoh, pra-kelahiran di mana anak masih berada di dalam kandungan. Sehingga, fokusnya yakni kesehatan ibu dan bayi di dalam kandungan.

“Kalau kelahiran itu, biasanya fokusnya adalah pada biaya rumah sakit dan rawat inapnya. Kemudian kalau pasca-kelahiran, berarti ibu dan bayi yang sudah dilahirkan,” jelas dia.

Lanjutnya, tiga kategori atau pos-pos tersebut memiliki pengeluaran dan detail yang bisa berbeda-beda. Pasalnya, kebutuhan yang ada di dalamnya pun berbeda.

“Nah, itu kategori atau nanti pos-pos pengeluarannya, detailnya, itu bisa berbeda-beda,” ujar Mike.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini