Share

Pembangunan Istana Negara di IKN Nusantara Bukan di Titik Nol

Antara, Jurnalis · Kamis 03 Februari 2022 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 03 470 2541928 pembangunan-istana-negara-di-ikn-nusantara-bukan-di-titik-nol-21hX23lRJv.png Desain Istana Negara Garuda (Foto: Instagram)

JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, pembangunan Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) baru Nusantara bukan berada di titik nol.

“Titik nol itu bukan berarti di situ kita akan mulai. Istana memang bukan di titik nol, dia agak ke atas,” katanya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi XI DPR RI di Jakarta, Kamis (3/2/2022).

Baca Juga: Pengumuman! Jokowi Bakal Camping di Titik Nol Ibu Kota Baru

Suharso menyatakan titik nol IKN Nusantara adalah sebagai titik referensi untuk menghitung tingkat ketinggian bangunan di atas permukaan air laut.

Nantinya, Istana Negara di IKN Nusantara akan dibangun di daerah yang sedikit lebih tinggi dengan sayap sebelah kanan dibangun gedung DPR dan MPR serta bagian yudikatif di sayap sebelah kiri.

“Jadi saya kira bagus sekali kalau itu memang bisa terwujud,” ujarnya.

Dia mengatakan bahwa pembangunan IKN akan dilakukan secara bertahap sampai 2045 namun pihaknya telah memastikan ketersediaan air yang merupakan aspek paling penting serta mulai membangun Bendungan Sepaku Semoi dan jalan untuk logistik.

Menurutnya, jika jalan tol dari Balikpapan ke IKN selesai maka bandara ke IKN akan sama waktu tempuhnya seperti dari Cengkareng, Jakarta Barat ke Semanggi, Jakarta Selatan.

“Kemudian dari Samarinda ke IKN juga akan lebih cepat sekitar 1 jam lebih sedikit,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini