Share

5 Level Bebas Finansial, Kamu yang Mana?

Erlinda Septiawati, Jurnalis · Sabtu 05 Februari 2022 22:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 05 622 2542894 5-level-bebas-finansial-kamu-yang-mana-6ygGusC2DZ.jpeg Tahapan merdeka finansial (Foto: Shutterstock)

JAKARTAMerdeka finansial tampaknya menjadi dambaan, apalagi jika didapat pada usia muda. Ternyata terdapat beberapa tingkatan bebas finansial.

Menurut perencana keuangan dan CEO Zap Finance Prita Hapsari Ghozie setidaknya ada lima level kebebasan finansial.

“Tahukah kamu ada 5 level menuju bebas finansial. Coba cek kamu yang mana?” tulis Prita, di laman media sosialnya @pritaghozie, Jakarta, Sabtu (5/2/2022).

Dalam unggahan di akun Instagramnya, Prita membagikan bahwa terdapat 5 level bebas finansial, simak rinciannya:

1. Cashflow Lancar

Di mana apabila pemasukan paling sedikit sama dengan pengeluaran. Meskipun tidak bisa menabung banyak, paling tidak Anda tidak berutang untuk kembali menutupi utang.

2. Financially Secure

Jika pemasukan bisa dibagi untuk living, saving, playing. Termasuk saat masih memiliki cicilan pinjaman yang digunakan untuk rumah karena masa manfaatnya berjangka panjang.

3. Bebas Utang

Jenis kategori ini terjadi saat sudah tidak memiliki pinjaman, serta aset sesuai dengan kebutuhan.

4. Merdeka Finansial

Bagian ini ketika Anda telah memiliki penghasilan pasif dari aset yang dapat menutupi living. Namun, untuk playing tetap harus diperlukan dengan bekerja.

5. Bebas Finansial

Terakhir, dikatakan bebas finansial jika Anda mempunyai penghasilan pasif dari aset yang bisa menutupi living dan playing.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini